Ketahui Bahaya Sering Minum Soda bagi Ibu Hamil

0
7

jpnn.com – Selama kehamilan, keinginan untuk mengonsumsi makanan maupun minuman tertentu terkadang tidak dapat ditahan. Anda yang tadinya minum soda setiap hari, harus lebih memperhatikan kebiasaan tersebut karena bisa berdampak bagi kehamilan.

Seperti yang Anda tahu, asupan ini tidak baik bagi perkembangan janin di dalam kandungan.

Ya, minuman bersoda memang nikmat, apalagi jika diminum dingin-dingin saat cuaca panas. Tapi jika terlalu sering mengonsumsinya, efek yang ditimbulkan tak sepadan dengan kenikmatan tersebut.

Ketahuilah bahwa minuman bersoda mengandung berbagai zat yang dapat memengaruhi perkembangan janin jika kadarnya dikonsumsi berlebihan.

Zat-zat tersebut, antara lain asam karbonat, gula, kafein, pemanis buatan, atau aditif. Berikut ini dampak dari masing-masing bahan yang terdapat di dalam minuman bersoda jika dikonsumsi berlebihan:

1.Asam karbonat

Jika sudah masuk ke dalam pembuluh darah, asam karbonat akan memiliki sifat menyerap kandungan kalsium di dalam tulang. Apa bahayanya bagi ibu dan janin?

Pada kehamilan normal, ibu hamil membutuhkan asupan kalsium tambahan untuk perkembangan janin. Bila ibu rutin mengonsumsi minuman bersoda, asupan kalsium yang sudah kurang saat kehamilan nantinya akan makin berkurang. Bukan tidak mungkin, ibu akan mengalami osteoporosis dini yang menyebabkan tulang menjadi keropos.