UIN Raden Fatah Buka 5 Jalur CPMB

Gedung Rektorat UIN Raden Fatah Palembang. foto umnah/palpos.id

PALEMBANG – Program Studi (Prodi) Jurnalistik Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah (RF) Palembang akan masuk dalam pilihan prodi dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

Hal ini dikarenakan Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek-Dikti) telah mendaftarkan prodi tersebut, juga izin prodi Jurnaliatik dikeluarkan oleh dikti.

Berita tersebut dikonfirmasi oleh Kepala Pusat IT dan Pangkalan Data (PUSTIPD) UIN Raden Fatah Palembang, Fahruddin. Dirinya menjelaskan untuk saat ini, ada sembilan prodi di UIN Raden Fatah yang telah masuk dalam SNMPTN, dan tahun ini prodi Jurnalistik akan masuk dalam prodi pilihan di SNMPTN dan SBMPTN 2019.

“Jadi di UIN akan ada 10 prodi yang masuk prodi pilihan SNMPTN dan SBMPTN, yakni di fakultas Sainstek ada prodi Kimia, Biologi, fakultas FISIP ada Ilmu Politik, Ilmu Komunikasi, di fakultas Tarbiyah Pendidikan Matematika, Pendidikan Fisika, Pendidikan Kimia, Pendidikan Biologi, di fakultas Abad dan Humaniora yakni Ilmu Perpustaakaan, dan terakhir di fakultas Dakwah yaitu prodi Jurnalistik,” ujar Fahruddin, Kamis (17/01).

Dijelaskanya, sampai saat ini prodi Jurnalistik masih dalam tahapan step by step atau menunggu persetujuan dari Kemenristek-dikti. “Yang pasti kita sedang usahakan agar tahun ini prodi Jurnalistik bisa masuk ke prodi pilihan SNMPTN dan SBMPTN. Hingga saat ini prosesnya masih step by step,” tegasnya.

Ia juga menjelaskan, tahun ini UIN Raden Fatah Palembang masih menggunakan lima jalur tahapan tes, yakni jalur SNMPTN dan jalur SBMPTN dari Kemenristek-dikti, jalur SPAN-PTKIN dan jalur UM-PTKIN dari Kemenag, dan terakhir jalur Mandiri. “Kuota penerimaan tahun ini sebanyak 3.800 calon mahasiswa baru dari lima jalur tahapan tes,” tutupnya.(str)