Rumahnya Terbakar, Nenek Uzur Nyaris Terpanggang

Rumah korban yang tingal puing pascakebakaran
LAHAT, PALPOS.ID – Selain harus kehilangan harta benda, kebakaran Rabu (6/2), sekitar pukul 22.00 WIB, nyaris membuat tubuh Minuria (75), terpanggang. Seluruh bagian rumah panggung beserta isinya, yang berada di Desa Tunggul Bute, Kecamatan Kota Agung, Kabupaten Lahat, habis dilalap api.

Sebelum peristiwa kebakaran itu terjadi, atau sekitar pukul 20.00 WIB, usai melaksanakan Shalat Isya, Minuria tertidur. Sedangkan penghuni rumah yang lain, anak dan cucu Minuria, pegi mengaji, ada pula yang bertandang ke rumah kerabatnya di desa setempat. Dalam suasana tertidur pulas, Minuria terbangun, lantaran tubuhnya merasa panas.

Betapa kagetnya nenek uzur itu, saat matanya terbuka, api sudah berkobar dalam rumah panggung miliknya. Dengan keadaan panik, Minuria berlari    keluar lewat dapur, untuk menyelamatkan diri. Didi Putra, anak Minuria yang berada di rumah temannya, melihat ada api di rumahnya bergegas pulang untuk menyelamatkan ibunya. Saat itu api sudah sangat besar dan sudah mengelilingi rumahnya.

Tidak ada yang bisa di selamatkan harta benda yang ada di dalam rumah itu. Warga berdatangan melihat api yang besar membakar rumah Minuria, berusaha memadamkan api menggunakan alat seadanya.

“Seluruh rumah habis terbakar, termasuk barang berharga dan dokumen penting. Dugaan sementara penyebab kebakaran konsleting listrik,” kata Kapolres Lahat AKBP Ferry Harahap SIK, melalui Kapolsek Kota Agung, Iptu Fredy Rajaguguk.

Meski tidak ada korban jiwa, satu unit sepeda motor Yamaha Jupiter mx BG 6830 JI, satu unit hiasan pengantin, BPKB dan STNK mobil L300 BD 9454 AD, satu unit mesin jahit, uang tunai Rp 20 juta, emas 1/2 suku, ijazah, surat kebun, dan dokumen penting lainnya, habis terbakar. “Korban bersama enam anggota keluarganya mengungsi kerumah kerabatnya,” jelasnya. (rif)