Hasil Survei, 01 Masih di Atas Angin

Sandiaga: Pekan Depan Bocorkan Survei Internal

JAKARTA, PALPOS.ID – Kepercayaan tinggi terus dilancarkan Tim Kampanye Nasional (TKN) pasangan Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin, melihat hasil survei sejumlah lembaga. Dan terakhir survei Celebes Research Center (CRC) memaparkan hasilnya.

Kondisi ini tentu menambah panjang deretan angka untuk kemenangan pasangan nomor urut 01 yang sebelumnya dirilis tujuh lembaga survei.

Juru Bicara TKN Ace Hasan Syadzily menyatakan bahwa hasil survei Celebes Research Center (CRC) jelang Pilpres 2019 mengukuhkan pasangan Jokowi-Ma ruf semakin tak tertandingi.

Ini menambah deretan beberapa lembaga survei yang kreadibel dan memiliki rekam jejak yang teruji. “Validitasnya yang mengunggulkan pasangan kami. Masih ada waktu untuk terus melakukan gerakan,” terangnya, Minggu (10/2).

Ya, berdasarkan survei elektabilitas yang dirilis CRC yang dirilis kemarin, pasangan nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf Amin memperoleh 56,1 persen, sedangkan pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno memperoleh 31,7 persen (tujuh hasil survei lihat grafis).

“Ya tentu pasangan kami unggul dengan perolehan 56,1 persen pasangan 02 31,7 persen. Tidak tahu atau tidak menjawab 12,2 persen. Hasil ini menunjukkan pasangan kami masih konsisten unggul di atas pasangan Prabowo-Sandi dengan selisih yang masih jauh dalam kisaran di atas 20 persen,” tuturnya.

Menurut dia, hasil tersebut tentunya tidak membuat TKN puas. Pihaknya akan terus memacu meningkatkan elektabilitas agar mencapai target yang diinginkan, yaitu 70 persen. “Kami masih harus kerja keras agar semburan hoaks dengan penggunaan metode mirip firehose of falsehood di kalangan akar rumput dan serangan kubu 02 atas berbagai isu yang ditujukan ke pasangan kami dapat kami tangkal,” ucap Ace.

Ditambahkan, TKN akan terus bekerja pada sisa dua bulan lebih menjelang pemilihan 17 April nanti. “Masih banyaknya tersisa ‘undicided voters’ dan menghadapi empat kali debat ke depan, membuat kami harus lebih kerja keras agar suara yang belum menentukan pilihan bisa memilih pasangan kami,” kata dia.

Terpisah, calon wakil presiden nomor urut 02, Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan bocoran hasil survei internalnya perbedaan elektabilitas dengan pasangan calon presiden dan wakil presiden, Joko Widodo-Ma’ruf Amin hanya satu digit. “Wah, selisihnya di bawah 10 persen kok. Kita sudah di angka 40 itu selisihnya antara 7-9 persen. Sedangkan kubu sebelah di bawah angka lima (50),” terang Sandiaga.

Terkait dengan beberapa lembaga survei seperti LSI Denny JA dan Populi Center yang memenangkan pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin, dia mengatakan, “Ya, ini mirip-mirip waktu DKI, semua (lembaga) di DKI juga begitu. Kita terima masukan aja,” kata mantan Wagub DKI itu.

Saat Pilgub DKI Jakarta pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Salahuddin Uno dari hasil lembaga survei mengumumkan selalu kalah dengan Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat.

Namun setelah perhitungan di KPU serta hitung cepat saat pemilihan pasangan Anies-Sandiaga menang di Pilgub DKI Jakarta.

“Kita sudah cross di angka 4 (40) kita akan perbaharui terus survei internal kita. Ini terbukti strategi kita diterima masyarakat,” kata Sandiaga. Rencananya pekan depan, Sandiaga akan membocorkan hasil survei elektabilitas dari survei internalnya. (fin/ful)