Yan Sulistyo: Pemerintah tak Berperan

Yan Sulistyo, Pengamat Ekonomi

PILIHAN masyarakat terhadap jasa pengiriman paket lewat darat lantaran kenaikan kargo pengiriman berdampak pada efisiensi pengiriman. Kenyataan ini menggambarkan kebijakan pemerintah menjadi sorotan.

Pengamat Ekonomi Sumsel, Yan Sulistyo menilai kondisi itu terjadi lantaran pemerintah terlalu mudah mengaminkan perubahan dan keinginan dari satu atau dua pihak airlines.

“Memang sebenarnya mau tidak mau pelaku ekspedisi harus menggunakan jalur darat karena pengiriman lewat kargo sudah mahal. Tentu konsekuensinya adalah keterlambatan barang sampai ke tangan konsumen,” katanya.

Dirinya juga menjelaskan, meskipun masyarakat harus memaklumi, dari pihak ekspedisi juga harus tahu diri.

“Ya dalam arti, pelaku ekspedisi juga harus memikirkan konsumen. Mereka bisa memilih mana barang atau paket yang tahan lama dan mana yang tidak, sehingga diusahakan untuk cepat sampai atau barang yang tidak harus cepat sampai. Juga dari sisi konsumen menambah biaya pengiriman,” jelasnya.

Kemudian, lanjutnya, dari sisi ekonomi, masalah ini tentu sangat berdampak bagi semua, baik itu pemerintah, perusahaan maupun masyarakat.

“Dari segi ekonomi kalau ada kenaikan harga, sudah pasti harga jasa juga akan naik. tinggal bagaimana pihak pemerintah dan juga pelaku bisnis mencari solusi yang terbaik untuk semua,” tambahnya.

Yan berharap agar pemerintah dapat mengambil tindakan tegas, karena hal ini jelas merugikan semua pihak. “Karena saya melihat tidak ada peran pemerintah di sini, akibatnya hanya karena satu dua perusahaan yang menaikkan harga kargo, jadi semua kena dampaknya. Jangan sampai pemerintah mengorbankan kepentingan masyarakat demi kepentingan satu dua perusahaan karena mengaminkan kenaikan harga tersebut,” tandasnya. (str)