3 Rumah Warga di Muara Enim Hangus Terbakar

Rumah warga di Desa Muara Gula Muara Enim yang dilalap api yang berusaha dipadamkan petugas BPK dibantu warga, Kamis (14/2). Foto lukman/palpos.id

MUARA ENIM -​ Musibah kebakaran yang menghanguskan tiga unit rumah terjadi di Desa Muara Gula, kecamatan Ujan Mas, Kamis (14/02), sekitar pukul 11.00 WIB.

Rumah tersebut milik warga milik Indra Neharis (47) dan Hasidin (50) yang beralamat di Kampung 1 Desa Muara Gula Lama Kecamatan Ujan Mas Kabupaten​ Muara Enim ludes di lalap si jago​ merah. Sementara rumah Khairul Anwar (52) mengalami rusak berat terkena sambaran kobaran api.

Peristiwa​ kebakaran ini beruntung​ tidak menelan​ korban jiwa namun barang-barang berharga​ termasuk perabotan ikut terbakar dan rusak akibat dilahap si jago merah.

Dahsyatnya kobaran api yang meluluh lantakkan rumah di kawasan padat penduduk tersebut karena material rumah kebanyakan dari kayu yang kondisinya juga sudah mulai lapuk termakan usia sehingga api cepat melalap tempat tinggal termasuk isinya.

Api berhasil di jinakkan sekitar pukul 12.30 setelah masyarakat berjibaku dengan menggunakan peralatan seadanya serta​ empat unit kendaraan pemadam kebakaran​ dari Dinas Pemadam Kebakaran​ Kabupaten Muara Enim dan dari PT BA Tanjung Enim.

Kades Muara Gula Lama,​ Ripul mengatakan bahwa, peristiwa kebakaran yang terjadi sekitar jam 11.00 Wib tersebut menghanguskan dua buah rumah​ warganya yaitu milik Indra Neharis dan Hasidin sementara yang satunya milik Khairul mengalami rusak berat terkena sambaran api.

“Kejadian ini tidak menelan korban jiwa sebab saat terjadi kebakaran penghuninya​ sedang berada di​ kebun dan sedang mandi sehingga​ bisa selamat,”ujar Ripul.

Berdasarkan informasi warga sekitar, ungkap kades, api tersebut tiba-tiba​ sudah membesar dan sudah berada di atap rumah yang dugaan sementara api itu berasal dari listrik yang konslet.

Untuk sementara ini,​ korban kebakaran tinggal di rumah keluarga masing-masing termasuk barang-barang yang bisa diselamatkan juga sudah di amankan.

Terkait musibah ini kades berharap pihak PLN melakukan​ pengecekan instalasi listrik di rumah rumah penduduk. Sebab​ mayoritas terjadinya kebakaran di duga di sebabkan Konsleting listrik.

Terpisah Kapolres Muara Enim, AKBP Afner Juwono melalui Kabag Ops Kompol Irwan Andeta dikonfirmasi membenarkan peristiwa tersebut. “Untuk sementara petugas masih melakukan penyelidikan lebih lanjut terkait penyebab kebakaran,​ petugas dipastikan telah ke TKP mengumpulkan bukti dilapangan dan keterangan saksi-saksi guna proses penyelidikan,”pungkasnya (luk)