RC Adventure Bermain Lumpur

Ketangguhan RC di medan berlumpur. Foto koer/palpos.id

PALEMBANG – Bermain lumpur bukan saja didominasi oleh mobil berdobel gardan 4×4, namun mainan mobilan Remot Control (RC) berskala 1: 10 ini mampu untuk melewati lumpur. Mainan RC Adventur ini bukan mainan sembarangan yang sering di mainankan oleh anak-anak, mainan RC ini di khususkan untuk orang dewasa karena mainan tersebut memiliki part-part seperti layaknya mobil sebenarnya. Dari mulai gardan, transfer case serta roda seperti mobil aslinya.

Biaya yang di keluarkan untuk meng upgrade mobil RC ini juga cukup fantastis karena rata-rata part nya impot langsung di datangkan baik dari Cina maupun Amerika. Harga untuk satu unit kendaraan remot standar sekitar Rp 3 jutaan untuk buatan Cina sedangkan untuk buatan Amerika bisa mencapai puluhan juta rupiah, tidak menjadi halangan bagi pencinta RC adventur ini untuk terus mengeksplorasi. Tetapi tidak sepenuhnya part-part mobil RC adventur ini harus membeli, tangan-tangan kreatif para builder membuatnya secara handmade.

Tenaga yang di hasilkan mobil ini mempergunakan battery Lithium Polymer atau sering disebut batery Lippo. Serta mempergunakan ESC atau Elektronik Speed Control yang sudah di Water proof atau kedap air sebagai mengatur kecepatan mainan RC ini dan Servo untuk mengatur kendali belokan kendaraan, dynamo bertorsi besar dan terakhir untuk kendali jarak jauh memakai Transmiter serta remot control berfrekuensi FM agar tidak saling bertabrakan kendali remot.

Merek mainan RC ini yang paling popular di kalangan penggemar RC Adventur ini adalah merek AXIAL, RC4WD, Traxxas, Tamiya serta HSP Pangolin. HSP Pangolin ini adalah buatan Cina berbasis Crawler atau panjat batu namun para penggemar sering memodifikasi menjadi RC Adventur. Namun diantara nya tidak juga dengan menyukai buatan pabrik para penggemar ini ada yang merakit sendiri dengan part-part buatan tangan seperti sasis, linkcage atau part-part buatan pabrik yang bermerek.

Body mobil RC ini terdiri dari dua jenis bahan. Jenis pertama body mempergunakan Lexan Polycarbonate atau body berbahan lentur serta jenis kedua Body mempergunakan plastic keras atau ABS. Masing-masing body mobil RC ini punya kelebihan dan kekurangannya, tetapi setiap penggemar mempunyai selera masing-masing kalau penggemar RC Adventur ini ingin mengikuti kompetisi gaya bebas dengan medan berbatu serta berlumpur biasanya para pencita RC nenpergunakan body plastic lentur.

Perlu diketahui, untuk melibas lumpur tidak cukup dengan RC yang serba mahal namun keahlian melibas lumpur serta naluri yang tajam melewati lumpur agar gardan dan girbok maupun Transfer case tidak jebol. Bilamana jebol siap-siap merogoh kantong yang cukup dalam. (str)