Astra Tetap Mengedepankan Prinsip Kehati-hatian

Anak Panti Asuhan yang ikut pada kegiatan HUT Astra Ke- 62 tahun. Foto: Alhadi ist

PALEMBANG – Di tahun 2019 ini Grup Astra Palembang dengan optimisme tetapi tetap mengedepankan prinsip kehati-hatian. Ekonomi dunia/global masih menunjukkan dinamika yang belum terlalu jelas arahnya pada tahun 2019.

Kelanjutan perang dagang antara dua negara adidaya yaitu Amerika Serikat dan Cina masih berlanjut bahkan sudah berkembang menjadi perang penguasaan teknologi terbaru yang akan menjadi penentu arah dunia pada masa depan.

Sementara di dalam negeri, ekonomi Indonesia terus berusaha menemukan momentumnya yang baru dengan tingkat pertumbuhan ekonomi yang diharapkan lebih baik dari tahun 2018 lalu.

“Pembangunan infrastruktur yang terus dilakukan secara berkesinambungan disertai perbaikan harga-harga komoditi yang merupakan sumber utama devisa negara merupakan komponen penting untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun 2019 ini,’’ ujar Handy Soesanto, Ketua Grup Astra Palembang.

Lanjut dia, tema “Inspiring the Nation” yang menjadi panduan Astra pada tahun 2019 menjadi sangat relevan dalam konteks dinamika sosial, politik dan ekonomi pada tahun 2019 ini. Tetap mendorong dan mempertahankan Astra sebagai institusi yang terus menginspirasi negeri tercinta adalah sesuatu yang harus terus diperjuangkan oleh insan Astra di seluruh penjuru negeri.

“Maka dalam tema “Inspiring the Nation“ ada 3 hal utama yang dilakukan yaitu, profesionalitas, integritas dan pengelolaan SDM yang berkesinambungan. Lalu, mewujudkan program dan rencana kerja yang telah ditetapkan (Make things happened dan, mempertahankan posisi Astra sebagai “Partner of choice“,’’ ujarnya.

Sementara itu, sebagai perwakilan dari Astra di Palembang, Grup Astra Palembang yang terdiri dari 22 Perusahaan Astra senantiasi selalu berupaya menjadi wadah inspirasi anak negeri dalam berkarya menyongsong spirit “Inpiring the Nation 2019”. Selama 2018 ada banyak program yang telah diselanggarakan oleh Grup Astra Palembang dan ini semua juga berkat dukungan yang luar biasa dari insan Astra Palembang dan juga rekan-rekan Media.

Beberapa program 2018 yang kita selenggarakan yakni Astra Goes To Campus, Pasar Murah Astra, Buka Puasa bersama anak yatim, Pekan Olahraga Astra, CSR untuk korban Gempa dan Tsunami di Palu dan Lampung. Selain itu Grup Palembang juga turut aktif terlibat dalam menyukseskan penyelenggaraan Asian Games di Palembang dan diberikan kesempatan untuk pawai obor Asian Games 2018.

“Kami juga mempunyai suatu kampung binaan atau yang lebih familiar di sebut Kampung Berseri Astra (KBA) di Palembang. Selama 2018 ada beberapa program yang diselenggarakan oleh KBA ini yakni penyuluhan perilaku bersih & sehat, peresmian UMKM & rumah pintar Astra, Beasiswa ke 51 anak di kampung Al Munawar dan semangat hidroponik,” papar Handy.

Semua program KBA ini bertujuan untuk bersama – sama dengan masyarakat sekitar memajukan kampung tersebut. Yang diselenggarakan oleh Grup Astra Palembang selama 2018 sebagai bentuk implementasi 4 Pilar Astra yakni Pendidikan, lingkungan , UMKM dan Kesehatan. Empat pilar ini merupakan landasan utama Astra dalam turut serta menginspirasi negeri dalam berkarya.

Menyongsong 2019 dengan penuh semangat dengan tema “Bersama Astra Menginspirasi Negeri Dalam Berkarya”, Grup Astra Palembang telah menyusun beberapa program yang akan diselenggarakan yang tentu nya sejalan dengan 4 pilar utama sebagai landasannya. Beberapa program tersebut yakni Penyelenggaraan HUT Astra ke 62 yang diikuti CSR bersama anak Yatim, Pekan olaharaga Astra, Buka Puasa Bersama dan beberapa program lainnya. (nik)