Kuryana : WP Taati Aturan Pajak

Bupati OKU, Kuryana Azis menyerahkan SPT tahun anggaran 2018, Rabu (20/2). Foto eko /palpos.id

BATURAJA – Bupati Ogan Komering Ulu (OKU) Drs H Kuryana Azis meminta wajib pajak (WP) taat aturan pajak. Karena masalah pajak ini merupakan ketentuan yang sudah harus dilaksanakan dan menjadi kewajiban bagi wajib pajak (WP).

“Kalau perlu diberikan sanksi, biar WP menjadi patuh,” kata Kuryana, saat penyerahan SPT tahunan tahun anggaran 2018, Rabu (20/2).

Pajak merupakan suatu keharusan, dan menjadi tanggungjawab bersama. Pajak harus ditagih, karena jarang ada kesadaran. “Pihak Pajak harus terus mengingatkan,” katanya. 

Meski diakui Kuryana banyak faktor warga khususnya WP untuk membayar, seperti kondisi ekonomi rakyat. Dimana ditengah harga karet yang rendah. Juga faktor kesadaran belum muncul.

Menurut Bupati, masalah pajak juga jangan sengaja dikecil kecilkan. Karena sektor pajak ini sangat dominan dalam penentuan keuangan di negara.

Sementara Kepala Kantor Pajak Pratama (KPP) Baturaja, Ahmad Yani mengatakan, pihaknya telah menyampaikan himbauan supaya baik karyawan, dan juga WP perusahaan untuk bisa melaporkan SPT tahunan. Perhitungan pajak sebutnya masih menganut self assesment artinya menghitung sendiri harta dan hutangnya.

Dia berharap masyarakat khususnya WP dapat melapor secara jujur soal laporan SPT. Jangan sampai ada hal yang disembunyikan seperti tambahan penghasilan lebih besar.
Karena lanjutnya, pembayaran pajak masuk sesuai tax rasio. Soal pajak ini disebutnya sudah tidak masa lagi WP melakukan sembunyi sembunyi. Disebutnya potensi pajak maaih ada. Terutama orang pribadi.

“Saat ini bupati sudah mengawali sebagai panutan. Kita harapkan WP lain segera menyusul,” katanya. (len)