Benamkan Kamboja 2-0, Timnas U-22 Lolos ke Semifinal Piala AFF

Striker Timnas U-22 Marinus Wanewar (kiri) melakukan selebrasi usai menjebol gawang Kamboja

JAKARTA, PALPOS.ID – Tim Nasional (Timnas) Sepak Bola Indonesia U-22 berhasil melangkah ke babak semifinal Piala AFF U-22 2019. Hasil itu didapat usai skuad Garuda Muda meraih kemenangan di laga terakhir babak penyisihan Grup B menghadapi Kamboja.

Dalam pertandingan yang digelar di Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Jumat (22/2) kemarin malam, tim asuhan Indra Sjafri mempermalukan tim tuan rumah dengan dua gol tanpa balas alias 2-0.

Bintang kemenangan sekaligus penyelemat Garuda Muda untuk bisa tembus ke babak empat besar itu adalah Marinus Wanewar. Ya pemain asal Sarmi, Papua itu yang berhasil memborong dua gol kemenangan untuk Garuda Muda di pertandingan tersebut.

Sejak awal pertandingan, Indonesia U-22 langsung berinisiatif melakukan serangan ke daerah pertahanan lawan. Alhasil, usaha Andy Setyo Nugroho dan kawan-kawan membuahkan hasil di menit ke-19 lewat gol yang dicetak oleh Marinus.

Gol itu sendiri berawal dari keberhasilan Witan Sulaiman merebut penguasaan bola dari kaki lawan, sebelum akhirnya ia menusuk dan melepaskan umpan kepada Marinus.

Sayang umpan tersebut tak disambut dengan baik oleh Marinus. Akan tetapi, Marinus langsung sigap mengambil kesempatan kedua dan membobol gawan Kamboja yang dikawal Keo Soksela dengan tendangan mendatar.

Tertinggal satu gol tak membuat Kamboja menurunkan semangatnya. Bahkan, sekali-kali ia kerap mengancam gawang Indonesia yang dikawal Awan Setho Nugroho.

Seperti pada menit ke-31 Sin Sophanat sempat mengancam gawang Indonesia seteleha tendangan keras meluncur deras ke arah Awan Setho. Bagus, bola masih bisa diredam Awan Setho.

Di menit-menit akhir, Indonesia kembali mendapatkan peluang emas. Namun sayang, peluang yang didapat di area terlarang Kamboja tak mampu di maksimalkan degan baik oleh para pemain Indonesia. Skor 1-0 bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Indonesia yang tampil dengan lebih percaya diri beberapa kali mendapatkan kesempatan. Namun sayang, beberapa kali para pemain Kamboja selalu mematahkan kesempatan yang didapat oleh Osvaldo Ardiles Haay.

Peluang kembali didapat Indonesia di menit ke-68. Kali ini Sani Rizki melepaskan sepakan jarak jauh, namun bolanya mendarat tepat di pelukan kiper Kamboja.

Indonesia terus mempertahankan ketenangan mereka ketika akhirnya Marinus berhasil menggandakan keunggulan Garuda Muda dengan sebuah kerja keras individu yang luar biasa di dalam kotak penalti pada menit ke-83. Sepakannya dari dalam kotak penalti mengoyak gawang Soksela untuk kali kedua di laga ini.

Di sisa waktu pertandingan, Kamboja terus melancarkan serangan ke pertahanan Indonesia. Namun hingga laga tuntas, kemenangan 2-0 Indonesia atas Kamboja tetap bertahan.

Kemenangan yang didapat berkat dua gol Marinus ini menyelematkan Indonesia dari kegagalan untuk bisa menembus babak empat besar. Pasalnya, kemenangan ini memastikan Indonesia lolos ke semifinal Piala AFF U-22 dengan status runner up di Grup B.

Ya, Indonesia kini menempati posisi kedua klasemen Grup B dengan raihan 5 poin dari dua hasil imbang dan satu kemenangan atas Kamboja. Sedangkan juara grup dipegang oleh Kamboja dengan raihan enam poin hasil dua kemenangan dan satu kekalahan.

Jika, Indonesia kalah atau-pun imbang saat menghadapi Kamboja, Malaysia yang berhak atas tiket semifinal tersebut. Pasalnya, di laga terakhir menghadapi Mynamar, tim Harimau Malaya itu berhasil meraih kemenangan.

Kini, Malaysia hanya mampu bertengger di posisi ketiga klasemen grup B, dengan raihan empat poin dari satu kemenangan, satu hasil imbang dan satu kekelahan. Sedangkan Myanmar, hanya meraih satu poin dari satu hasil imbang dan dua kekalahan.

Menjadi bintang kemenangan Garuda Muda, Marinus tetap tak berbesar hati. Sebaliknya ia mengatakan kemenangan ini tak lepas dari kerjasama tim yang cukup baik.

Bahkan, ia mengaku kemenangan yang didapt timnya tersebut tak disangka olehnya, megingat lawan yang dihadapinya adalah juara grup B, yang berhasil mengalahkan Malaysia dan Myanmar. Berbanding terbalik dengan Indonesia yang hanya mampu meraih hasil imbang dari dua tim tersebut.

“Tidak menyangka meraih kemenangan malam ini. Apalagi dengan skor telak. Mungkin, faktor mereka sudah lolos dengan status juara grup, juga kami rasa bikin Kamboja tidak main terlalu ngotot,” ujar Marinus dalam keterangan tertulis yang diterima Fajar Indonesia Network (FIN), Jumat (22/2) kemarin.

“Kita bermain dengan motivasi tinggi untuk meraih kemenangan hari ini. Selanjutnya kami ingin bermain lebih baik di babak semi final agar kembali meraih kemenangan,” sambung Marinus.

Sementara itu, pelatih Indonesia U-22, Indra Sjafri mengaku senang dengan kemenangan sekaligus menjadi penentu timnya meraih tiket semifinal Piala AFF U-22. “Alhamdulillah kita bersyukur lolos ke semi final. Meski tadi kami masih belum terlalu maksimal. Saya susun periodisasi sebelum ke Kamboja,” tutur pelatih berkumis tebal itu.

Pelatih kelahiran Lubuk Nyiur, Batang Kapas, Pesisir Selatan, Sumatera Barat itu menganggap di setiap pertandingan babak penysihan grup B Piala AFF U-22 2019, performa timnya semakin meningkat. Meski demikian, ia mengakui masih ada yang harus di evaluasi menjelang pertandingan semifinal.

“Bisa dilihat penampilanya anak-anak. Lawan Myanmar cukup sulit, Malaysia kita berkembang, dan lawan Kamboja tadi kita juga meningkat. Tapi masih ada yang belum maksimal. Saya harap di semi final lebih bagus dan final akan jadi puncaknya,” jelasnya.

Selanjutnya, Indonesia akan menghadapi Vietnam di semifinal, yang keluar sebagai juara Grup A. Bersama Thailand, Vietnam tak terkalahkan dengan dua kemenangan dan sekali imbang dan memimpin grup berkat keunggulan gol.

Menanggapi lawannya tersebut, pelatih berusia 55 tahun itu optimis mampu meraih hasil terbaik. Hal itu tak lepas dari pengalamannya saat menjadi arsiter Timnas Indonesia U-19 yang kerap berhadapan dengan Vietnam di berbagai kejuaraan.

“Lawan semi final, kami akan ketemu Vietnam. Saya pernah bertemu Vietnam beberapa kali saat di Timnas U-19. Mereka tim bagus, kuat tapi bukan berarti tidak bisa dikalahkan. Oleh karena itu kami harus optimis,” tukas Indra.

Laga Indonesia vs Vietnam di semifinal Piala AFF U-22 2019 akan berlangsung di Olympic Stadium, Minggu (24/2) besok. Sementara di hari yang sama, Kamboja juga akan berhadapan dengan runner-up Grup A, Thailand. (gie/fin/wsa)

Susunan Pemain

Indonesia U-22 (4-3-3): Awan Setho; Asnawi Mangkualam Bahar, Nurhidayat Haji Haris, Bagas Adi Nugroho, Firza Andika, M. Luthfi Kamal Baharsyah, Witan Sulaeman, Gian Zola, Oswaldo Haay, Sani Rizki Fauzi, Marinus Wanewar

Pelatih: Indra Sjafri

Kamboja U-22 (5-3-2): Keo Soksela; Seut Baraing, Chheng Meng, Cuk Sovann, Chhong Bunnath, Sin Sophanat, Om Chanpolin, Teath Kim Heng, Tes Sambath, Sin Kakada, Sleng Chanthea

Pelatih: Felix Agustin Gonzalez Dalmas

Berikut Klasemen Grup B Piala AFF U-22 2019

Pos Team M W D L PTS

  1. Kamboja   3 2 0 1 6
  2. Indonesia  3 1 2 0 5
  3. Malaysia   3 1 1 1 4
  4. Myanmar  3 0 1 2 1