BUKAN LAWAN YANG BERAT

Timnas U 22 siap tempur meladeni Vietnam pada laga semifinal Piala AFF U 22

 TIMNAS KURANGI MENU LATIHAN

JAKARTA, PALPOS.ID – Persiapan demi persiapan terus dilakukan Tim Nasional (Timnas) Sepak Bola Indonesia U-22 jelang laga semifinal Piala AFF U 22 2019 menghadapi Vietnam U-22.

Bahkan dalam pertandingan yang akan digelar di Olympic Stadium, Kamboja, Minggu (24/2) hari ini, skuat Garuda Muda menyatakan sudah siap tempur untuk menghadapi tim berjuluk The Golden Stars tersebut.

Meski demikian, pelatih Timnas Indonesia U-22 Indra Sjafri menyatakan persiapan dengan porsi latihan yang diberikan pada Sabtu (23/2) kemarin tidak terlalu dengan intensitas tinggi.

Menurut pelatih kelahiran Lubuk Nyiur, Batang Kapas, Pesisir Selatan, Sumatera Barat itu menu latihan yang diberikan lebih pada kesiapan tim untuk melakoni laga penentu tiket babak final tersebut.

“Ya hari ini kita tetap menjalani latihan lebih ke persiapan jelang laga Vietnam besok (hari ini),” tutur Indra Sjafri dalam keterangan tertulis yang diterima Fajar Indonesia Network (FIN), Sabtu (23/02).

“Kita juga tidak terlalu berlatih dengan high intensity (intensitas tinggi), tapi yang penting memastikan kesiapan mereka (skuat Garuda Muda) jelang laga besok,” sambungnya.

Indra mengaku bahwa dirinya memberikan menu latihan adu penalti. Menurutnya, menu latihan itu diberikan mengingat babak semifinal akan langsung menggunakan babak adu penalti sebagai penentu kemenangan jika laga berlangsung seri hingga 2×45 menit usai.

“Ya kita mempersiapkan segala kemungkinan. Termasuk latihan adu penalti, karena kita besok sudah main dengan sistem tersebut kalau bermain imbang,” tuturnya.

Pelatih berusia 55 tahun itu mengatakan hal tersebut tak lepas untuk mengantisipasi bila kemungkinan yang terjadi pertandingan hingga berakhir imbang. “Makanya kita memberikan menu tersebut (adu penalti) pada latihan kali ini,” tegasnya.

Namun sayangnya dalam laga menghadapi Vietnam nanti, Garuda Muda dipastikan tidak akan diperkuat oleh sang kapten Andy Setyo Nugroho lantaran cedera yang dialaminya.

Bahkan menurut Indra, jika timnya mampu mengalahkan Vietnam dan melangkah ke babak final Piala AFF U-22 2019, Andy Setyo juga kemungkinan besar tidak bisa dimainkan.

“Hari ini semuanya ikut latihan kecuali Andy yang mengalami cedera. Sepertinya (Andy) bisa absen sampai final,” tukasnya.

Sementara itu, salah satu pemain Timnas Indonesia Muhammad Luthfi Kamal Baharsyah mengaku dirinya dan rekan-rekan sudah siap tempur. Meski demikian ia mengaku tak ingin menganggap remeh Vietnam yang lolos ke babak empat besar tersebut usai menjadi juara Grup A di babak penyisihan sebelumnya.

“Besok kami akan melawan Vietnam. Kami harus menang. Meski begitu kami harus tetap waspada karena mereka (Vietnam) tim yang bagus. Status juara grup di Grup A membuktikan kualitas mereka,” tutur Luthfi.

Terkait penampilan tim Garuda Muda menjelang pertandingan menghadapi Vietnam, Luthfi meinlai performa timnya hingga pertandingan terakhir menghadapi Kamboja, Jumat (22/2) kemarin semakin meningkat.”Soal penampilan tim, saya merasa permainan kita bisa terus meningkat. Dan itu saya rasakan. Kita semakin klop (cocok) dan semakin enak mainnya,” pungkasnya.

Seperti diketahui, Indonesia berhasil meraih tiket semifinal Piala AFF U-22 2019 usai kemenangan 2-0 atas Kamboja di laga ketiga babak penyisihan Grup B. Kemenangan itu mengantarkan Indonesia untuk menenmapti posisi runner up grup B dengan raihan lima poin dari dua hasil imbang dan satu kemenangan.

Jika pada saat menghadapi Kamboja, Indonesia meraih kekalahan atau hasil imbang, Malaysia yang berhak atas tiket semifinal tersebut. Pasalnya, di laga terakhir menghadapi Mynamar, tim Harimau Malaya itu berhasil meraih kemenangan.

Kini, Malaysia hanya mampu bertengger di posisi ketiga klasemen grup B, dengan raihan empat poin dari satu kemenangan, satu hasil imbang dan satu kekelahan. Sedangkan Myanmar, hanya meraih satu poin dari satu hasil imbang dan dua kekalahan.

Di babak seminfinal, Indonesia yang menempati posisi runner up grup B berhadapan dengan Vietnam yang keluar di sebagai juara Grup A. Bersama Thailand, Vietnam tak terkalahkan dengan dua kemenangan dan sekali imbang dan memimpin grup berkat keunggulan gol. Dalam semifinal besok, Kamboja yang menjadi juara Grup B juga akan berhadapan dengan runner-up Grup A, Thailand. (gie/fin/tgr)