PIALA PRESIDEN: Persib Kalah di Laga Pembuka

BANDUNG, PALPOS.ID – Laga pembuka Piala Presiden 2019 resmi bergulir usai dibuka di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat (Jabar), Sabtu (2/3) sore. Peserta Grup A antara Persib Bandung yang berhadapan dengan Tira-Persikabo.

Dalam laga yang patut bertajuk Derby Tanah Pasundan mengingat kedua tim sama-sama berasal dari Tatar Sunda yakni Bandung dan Bogor itu, tim berjuluk Maung Bandung harus menerima kekalahan atas tamunya Tira-Persikabo 1-2.

Dua gol pemain asal Nigeria yang saat ini sudah menjadi WNI Osas Marvellous Ipkefua menjadi penentu kemenangan Tira-Persikabo. Sementara gol hiburan bagi Persib dicetak oleh Kim Jeffrey Kurniawan.

Laga ini terbilang cukup sengit dan menarik untuk disaksikan, pasalanya sejak awal pertandingan, kedua kesebelasan ini menampilkan permain yang cukup apik dengan saling menyerang dan bertahan.

Namun, Tira-Persikabo berhasil unggul lebih dulu ewat gol Osas Saha pada menit ke-28. Gol itu sendiri terjadi usai Osas Saha mencuri bola dari bek tim tuan rumah di dalam kotak. Osas dengan mudah mengecoh kiper M. Natshir dann berhasil melesatkan bola ke pojok kanan atas gawang. Skor 1-0 untuk kemenangan Tira-Persikabo bertahan hingga turun minum.

Empat menit babak kedua, Persib berhasil menyamakan kedudukan lewat tandukkan Kim Kim Jeffrey Kurniawan yang berhasil memanfaatkan umpan silang Ezechiel N’Douassel. Meski Persib kian melakukan serangan terhadap pertahan lawan, namun justru Tira-Persikabo yang kembali mengungguli tim tuan rumah tersebut. Lagi-lagi Osas Saha yang menjadi mimpi buruk bagi Persib lewat golnya di menit ke-70 usai memanfaatkan bola dari Loris Arnaud.

Meski mendapat sejumlah peluang gol, Persib tidak bisa merubah kedudukan dan harus mengakui keunggulan permainan tim tamu. Hingga peluit panjang. Persib pun kandas 1-2. Kekalahan ini jelas membuat pelatih Persib, Miljan Radovic cukup geram. Menurutnya, gol-gol yang diciptakan oleh Tira-Persikabo itu akibat kesalahan para pemainnya.

“Saya pikir untuk pertandingan hari ini mungkin bukan-lah laga terbaik bagi tim kita. Ada dua kesalahan yang kita lakukan sehingga berbuah menjadi gol,” ucap Radovic usai pertandingan.

Meski demikian, Radovic mengapresiasi kerja keras yang dintujukkan olhe timnya dalam pertandingan tersebut. “Saya tak bisa senang, saya senang mereka (anak asuhnya) bermain cukup luar biasa. Kami juga membuat banyak kesempatan untuk menciptakan gol, meski belum berbuah menjadi gol. Saya tentu mengapresiasai kerja keras para pemain,” tukasnya.

Kekecewaan juga dirasakan oleh sang pencetak gol penghibur Persib, Kim Kurniawan. Namun, menurutnya hal itu bukan menjadi alasan untuk bisa lebih baik di laga selanjutnya. “Kecewa sudah pasti ada, tapi kita harus terus menatap ke depan. Karena tidak banyak waktu untuk kita bersiap guna pertandingan selanjutnya,” tegas Kim.

Sementara itu, Asisten pelatih PS Tira-Persikabo Miftahudin mengakui mensyukuri kemenangan yang diraih oleh timnya tersebut. Meski tak bisa dipungkiri, bahwa tensi pertandingan menghadapi Persib kali ini sangat tinggi.

“Hasil ini patut kita syukuri, namun ini adalah permainan yang sesuai dari latihan yang kita terapkan dan skemakan untuk menghadapi Persib,” tuturnya

Miftahudin mengatakan, Osas baru bergabung sejak Rabu (27/2) dan dua kali latihan bersama Tira-Persikabo. Gol dan performanya laga kemarin menjadi awal kebangkitan timnya.”Ya, gol cepat Osas Saha tadi tentu memberikan semangat tambahan bagi tim. Tim pelatih berharap besar dari pemain ini (Osas Saha) dengan pengalaman dan kualitas dia. Dua kali latihan sudah kami skemakan dan Alhamdulillah dia bisa melakukannya,” tukas Miftahudin.

Untuk diketahui, Piala Presiden 2019 ini diikuti 20 klub, perwakilan Liga 1 dan Liga 2, yang dibagi ke dalam lima grup yang bertanding di lima kota. Grup A dimainkan di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, sedangkan Grup B bertempat di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi.

Kemudian, Grup C mengambil venue di Stadion Moch Soebroto, Magelang, dan Grup D dipentaskan di Stadion Maguwoharjo, Sleman. Sedangkan pertandingan Grup E digelar di Stadion Kanjuruhan, Malang.

Setiap klub peserta diberikan hak memakai pemain asing dengan skema 3+1 yaitu tiga pemain bebas dari negara mana saja dan satu pemain wajib dari Asia.

Piala Presiden yang sudah digelar di tahun keempat ini juga menerapkan format baru khusus untuk laga final. Tidak seperti edisi-edisi sebelumnya, Piala Presiden 2019 menerapkan format kandang-tandang untuk laga final.

Selain itu, nilai hadiah dalam turnamen kali ini juga meningkat dibandingkan tahun sebelumnya. Dikabarkan, juara pertama turnamen ini akan mendapatkan Rp3,5 miliar berbeda seperti sebelumnya yang hanya berhadiah Rp3,3 miliar.

Untuk peringkat kedua, akan mendapatkan uang sebesar RpRp 2,35 miliar, peringkat ketiga dan keempat masing-masing meraup Rp825 juta. (gie/fin/tgr)

Susunan pemain

Persib Bandung: M. Natshir, Henhen Hardiana, Indra Mustafa, Bojan Malisic, Ardi Idrus, Febri Hariyadi, Hariono, Kim Jeffrey Kurniawan, Srdjan Lopicic, Ghozali Siregar; Ezechiel Ndouassel

Tira Persikabo : Angga Saputro, Rifad Marasabessy, Herwin Tri, Khurshed Beknazarov, Vava Mario Yagalo, Guntur Triaji, Manahati Lestusen, Parfait Eloumou, Ciro Henrique; Loris Arnaud, Osas Saha