UMKM Mitra Gojek Terbesar

Penghargaan Gojek kepada Mitra UMKM terbaik nominasi. Foto ist

PALEMBANG, PALPOS.ID – Melalui system Gofood yang ada pada aplikasi Gojek, tentunya mempermudah pelaku UMKM untuk memasarkan produk yang mereka jual. Maka tidak heran jika UMKM adalah Mitra terbesar perusahaan aplikasi transpotasi Gojek.

Diungkapkan Sarah Lucia, Merchant Marketing Strategic Engagement Manager Gofood pada kegiatan Apresiasi mitra dan driver Gojek, Rabu (6/3) di Palembang. Hingga saat ini, Gofood telah berkembang menjadi layanan pesan-antar terbesar di  Asia Tenggara dengan mencatat hampir 400.000 mitra merchant yang bergabung per Desember 2018.

“Sebanyak 80% di antaranya merupakan pelaku UMKM kuliner. Perkembangan para merchant Gofood tentunya tidak lepas dari peran pelanggan setia yang mempercayakan Gofood sebagai sahabat mereka dalam memenuhi kebutuhan kuliner sehari-hari,” ujarnya.

Untuk itu, Sarah menuturkan pihak perusahaan kian menegaskan komitmennya dalam mendukung perkembangan usaha kuliner nusantara dnegan mengapresiasi kepada ratusan merchant berprestasi dibeberapa kota di Indonesia salah satunya di Palembang melalui Apresiasi Juara Partner 2019.

“Ini memasuki tahun kedua, kami menghadirkan lebih banyak kategori penghargaan. Tidak hanya apresiasi kepada mitra merchant saja, namun juga kepada mitra driver Gojek juga yang memberikan dukungan layanan terbaik,” jelasnya.

Melihat hal ini, Pemerintah daerah di Sumatra Selatan  meminta dukungan Gojek, perusahaan berbasis teknologi penyedia layanan mobile on demand, untuk mengembangkan UMKM di Palembang melalui layanan Gofood yang disediakan perusahaan.

Kepala Bidang Pengawasan dan Pemeriksaan Dinas Koperasi dan UKM Sumsel, Ambar, mengatakan pihaknya mencatat terdapat 180.000 UMKM yang terdata di Sumatra Selatan, di mana 37.000 UMKM berada di Kota Palembang.

“Mayoritas bergerak di usaha kuliner, kalau ada 6.000 sampai 7.000 usaha yang sudah masuk data Gofood kan lumayan, kami berharap semua kuliner Palembang bisa masuk di Gofood,” tegasnya.

Dia mengatakan, Gofood menjadi salah satu cara pemasaran yang relatif efektif bagi pelaku UMKM di sektor kuliner, selain mengandalkan pemasaran offline. (har)