Rp 100 per Lembar untuk Pelipat Surat Suara

Suasana pelipatan surat suara di KPU Kota Palembang. foto ist

PALEMBANG, PALPOS.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palembang mulai melakukan proses sortir lipat surat suara, Sabtu (9/3). Agar pelipatan ini selesai tepat waktu, KPU merekrut 300 orang warga sekitar yang diperbantukan menjadi petugas pelipat surat suara.

Ketua KPU kota Palembang, H Eftiyani SH, mengatakan, petugas lipat surat suara sengaja direkrut dari masyarakat yang bertempat tinggal disekitar kantor. “Jadi warga di Ilir Timur I ini kita rektrut sembanyak 300 orang untuk membantu kita melakukan proses sortir dan lipat suara, yang memang kita mulai lakukan hari ini,” katanya.

Dijelaskannya, proses pelipatan surat suara tersebut telah dimulai sejak pukul 11.00 siang pada hari ini dan pukul 8.00. “Untuk target per-harinya kita mengejar sekitar 600 ribu lembar surat suara dengan asumsi per satu orangnya itu mampu 2 ribu lembar dengan honor 100 rupiah per-lembarnya. Karena memang anggarannya cuma sebatas itu” jelasnya.

Untuk penambahan petugas, pihaknya akan melihat kebutuhan yang memang disesuaikan dengan terget penyelesaian. “Kalau memang target waktu kita tidak tercapai, ya kita tambah,” ujarnya.

Dirinya juga mengatakan, untuk target penyelesaian tanggal 2 april mendatang, proses sortir lipat dipastikan Eftiyani dapat tuntas sesuai harapan. “Kalau memang sudah selesai, langsung kita packing dan kita geser. Dari KPU ke Kecamatan, dari Kecamatan geser ke Kelurahan, dan dari Kelurahan baru akan bergeser ke TPS, dan Tanggal 16 April itu harus sudah ada di TPS,” pungkasnya. (del/ril)