300 Mahasiwa Laksanakan PKL di Kabupaten OKI

Pelepasan 300 mahasiswa Stikes Muhammadiyah yang akan melaksanakan PKL di 14 Desa Dalam Kecamatan Pampangan OKI, Senin (11/3). Foto: nur/palpos.id

KAYUAGUNG, PALPOS.ID – Sebanyak 300 orang mahasiswa dan mahasiswi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Muhammadiyah Palembang mengikuti kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di Kabupaten OKI.

Pelepasan para mahasiswa yang akan di tempatkan di 14 desa dalam Kecamatan Pampangan tersebut dilaksanakan di Ruang Bende Seguguk II Pemkab OKI, Senin (11/3).
Para mahasiswa ini tak hanya memecahkan masalah kesehatan terpadu saja, tapi sebanyak 300 mahasiswa Sekolah Tinggi Kesehatan (Stikes) Muhammadiyah Palembang, juga diwajibkan mengajar mengaji selama Program Kerja Lapangan di Kecamatan Pampangan.

Ketua Stikes Palembang,Heri Setiadi MKes mengatakan, penanaman agama juga harus dilakukan 300 mahasiswa yang akan di sebar di 14 desa Kecamatan Pampangan.
“Kami ingin setelah selesai PKL nanti ada ilmu yang bisa melekat di masyarakat,” terangnya disela-sela pelepasan mahasiswa PKL, Senin (11/3).

Ditambahkannya mereka juga ditempa untuk dapat berkomunikasi dengan baik serta berfikir kritis dan menerapkan ilmu yang didapat dibangku kuliah. Nanti mereka akan melihat permasalahan kesehatan yang ada di lapangan membuat laporan dengan bimbingan dosen.

Mudah-mudahan apa yang didapatkan di lapangan selama lebih kurang dua pekan kedepan bisa menjadi ilmu baru nantinya untuk semua mahasiswa. “Silahkan bersosialisasi dengan masyarakat dengan baik,”pintanya.

Sementara itu, Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda OKI, H Antonius Leonardo menyambut baik PKL ini dan memang salama ini hubungan antara Pemda OKI dengan Stikes Muhammadiyah Palembang berjalan baik.

“Silahkan gali ilmu yang didapat di lapangan bantu masyarakat untuk masalah kesehatan,Saat ini kan musim penghujan dan rawan Demam Berdarah Dengue (DBD), ajak masyarakat agar dapat melakukan perilaku hidup bersih dan sehat dilingkungannya,” tandasnya. (nur)