2020, SMPN 33 Targetkan UNBK Mandiri

Suasana proses belajar mengajar di SMPN 33 Palembang.

PALEMBANG, PALPOS.ID – SMP Negeri 33 Palembang kemarin menggelar simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Hal ini seusai dengan arahan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Hanya saja Simulasi ini dilakukan di SMKN 5 Palembang yang jauh lebih lengkap sarana dan prasarananya. SMPN 33 Palembang terpaksa menginduk ke SMKN 5 Palembang karena sarana dan prasarana tidak memenuhi untuk melaksanakan UNBK secara mandiri.

“Kami sudah siap menghadapi UNBK pada tanggal 22-25 April nanti, persiapan itu sudah mencapai 85 persen,“ kata Kepala SMPN 33 Palembang Sudarmi,M.Pd, Selasa (12/3).

Sudarmi menjelaskan pihaknya sendiri sudah melaksanakan simulasi dan try out. Dengan latihan mengerjakan simulasi UNBK dan try out serta pelajaran tambahan, maka para siswa diharapkan sudah terbiasa mengerjakan soal UNBK.

“Takutnya jika tidak dibiasakan pegang komputer, nanti bingung untuk mengoperasikan dan berhadap dengan komputer,” jelasnya.

Dirinya juga mengatakan jika tahun ini merupakan tahun pertama SMPN 33 mendapatkan bantuan sebanyak 20 unit Komputer dari Dinas Pendidikan Kota Palembang dan 1 server.

“Mudah-mudahan tahun depan target kita untuk melaksanakan UNBK secara mandiri bisa tercapai. Untuk tahun ini ada sebanyak 246 siswa/i SMPN 33 yang mengikuti UNBK di SMKN 5 Palembang, dari jumlah siswa tersebut akan dibagi 3 sesi nantinya,”ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang SMP Disdik Kota Palembang, Drs H Herman Wijaya Msi mengatakan, dirinya sangat mengapresiasi bagi sekolah yang melaksanakan UNBK, mekipun harus menumpang disekolah lain.

”Sekarang ini baru 24 sekolah dari 60 SMP negeri dan 73 sekolah dari 140 SMP swasta yang menyanggupi UNBK. Persoalannya masih sama, karena terkendala sarana dan prasarana (sarpras) maupun jaringan internet di sekolah,” tutupnya. (umn)