Manasik Haji Diikuti 1.011 Mahasiswa

Peserta manasik haji tengah belajar menggunakan kain Ihram, Jumat, (8/3) lalu.

Kegiatan FITK UIN Raden Fatah

PALEMBANG, PALPOS.ID – Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, kemarin melaksanakan kegiatan Manasik Haji Angkatan ke-II di asrama haji yang berlokasi di Jl Letjen Harun Sohar, Kebun Bunga, Sukarami, Palembang.

Kegiatan yang diikuti oleh 1.011 Mahasiswa angkatan 2016 ini dibuka oleh Dekan FTIK, Prof Dr H Kasinyo Harto, M. Ag dengan tujuan untuk memenuhi Program Kerja Praktek Ibadah Kemasyarakatan Laboratorium Keagamaan FITK UIN Raden Fatah Palembang tahun 2019.

Adapun untuk 1.011 Mahasiswa yang mengikuti kegiatan terdiri dari 10 Program Studi yang ada dilingkungan fakultas ilmu tarbiyah dan keguruan. Peserta Manasik Haji ini juga dibagi menjadi 3 kloter yaitu kloter pertama yang terdiri dari mahasiswa PAI, kloter kedua terdiri dari mahasiswa Pendidikan Kimia, Pendidikan Biologi, Pendidikan Fisika, PBA, MPI.

“Dan terakhir untuk kloter ketiga terdiri dari mahasiswa PGMI, PIAUD, Pendidikan Matematika, PBI. Untuk narasumbernya berjumlah 77 dosen FITK UIN Raden Fatah Palembang,” jelas Kasinyo Harto kepada Palembang Pos, Jumat (8/3).

Kegiatan ini, sambungnya juga diisi dengan beberapa rangkaian acara, seperti Hadroh Hikmatul Hasan, Pembacaan Ayat suci Al- Qur’an Sukri mahasiswa PAI 2017, Pemberian materi Manasik Haji oleh Bapak Dr H Mgs Nazarudin, M. Pd. I, dan doa dipimpin Gatot Kaca, M.Pd. I.

“Kloter I dipimpin oleh Romli, M. Pd, Kloter II dipimpin oleh Drs. H. Mardhi Abdullah, M. Pd. I, Kloter III dipimpin oleh H. M. Taufik Saiman, S. Ag, ME,” tambahnya.

Dekan FTIK, Prof Dr H Kasinyo Harto, M. Ag juga mengaku sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan-kegiatan Labor Keagamaan FITK. “Praktikum Manasik Haji merupakan prosesi manasik ibadah haji. Dan ibadah haji akan sempurna dan menjadi mabrur bukan hanya karena niatnya. Niat itu pasti, namun tidak cukup dengan niat saja harus juga dilengkapi dengan pengetahuan dan keterampilan, wawasan, gambaran sejarah tartil bagaimana proses pelaksanaan ibadah haji tersebut,” tutupnya. (umn)