Laksanakan Try Out Secara Jujur

Suasana rapat pemantapan pelaksanaan Try Out.

SANGA DESA, PALPOS.ID – Sebanyak 37 Sekolah Dasar di Kecamatan Sanga Desa besok (hari ini, red)  melaksanakan Try Out (TO) secara serentak bagi siswa kelas 6. Dalam kegiatan itu, pihak UPTD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) wilayah 3 pun memberikan himbauan agar seluruh sekolah dalam pelaksanaanya hendaknya dilakukan secara jujur.

Demikian disampaikan Korwil 3 UPTD Disdikbud H Zulkarnain MSi melalui salah satu pengawas pendidikan, Aguscik SPd MSi, ketika pertemuan KKG guru kelas 5 dan kelas 6 se-Kecamatan Sanga Desa di SD Negeri 1 Terusan.

“Harapan kami pada saat pelaksanaan TO nanti para siswa bisa mengerjakan sendiri seluruh soal yang diberikan. Para guru jangan pernah sekali-kali memberikan arahan kepada siswa dalam menjawab soal,” tegasnya.

Menurutnya dari hasil try out nanti,  bisa terlihat bagaimana kesiapan siswa untuk menghadapi soal-soal USBN nanti.

“Hasil murni siswa itulah yang bisa menjadi tolok ukur kesiapan siswa dalam menghadapi USBN nanti. Apalagi soal-soal try out nanti merupakan soal yang diberikan dari pihak Diknas Provinsi,” ujarnya.

Ditempat yang sama Ketua K3S Sanga Desa Ariyadi Raberi SPd.I M.Si yang juga merupakan Kepala SD Negeri 1 Terusan mengaku sangat mendukung himbauan yang disampaikan oleh pihak UPTD Disdikbud.

“Saya selaku ketua K3S Kecamatan Sanga Desa sekaligus sebagai seorang Kepala Sekolah jelas sangat mendukung,  memang tidak seharusnya guru memberikan jawaban kepada siswa meskipun itu pada saat try out. Hasil try out inikan nantinya bisa menjadi bahan evaluasi pihak sekolah, untuk melihat pada bagian materi mana yang belum terlalu dipahami siswa,” ungkapnya. (ren)