Kenten Laut Membara, 8 Rumah, 2 Ruko, dan 2 Motor Ludes

Api berkecamuk yang meludeskan 8 rumah 2 ruko dan 2 sepeda motor, kemarin. Foto: den/palpos.id

KENTEN, PALPOS.ID – Kebakaran hebat terjadi di Jalan Pangeran Ayin, Dusun 3, RT 23/03, Kelurahan Kenten Laut, Kecamatan Talang Kelapa, Banyuasin, kemarin, sekitar pukul 17.58 WIB. Api berkobar meludeskan 8 rumah warga setempat, 2 ruko sembako dan 2 sepeda motor.

Belum diketahui asal api. Begitu pula jumlah kerugian yang dialami korban. Sampai pukul 20.30 WIB, api belum padam total. Sementara, warga yang rumahnya terbakar ditampung sementara di rumah keluarga terdekat.

Dari keterangan Lurah Kenten Laut, Zaiwan, 8 rumah ludes milik Nang Ceri (50), Abu Yazid (50), Cek An (60), Feri (35), Surya (45) dan Cik Imah (70).

‘’Dari keterangan warga, ada asap hitam dari rumah Nang Ceri. Kemudian kita berusaha mengendali api secara cepat, dengan air seadanya. Tepatnya itu sebelum Salat Magrib hampir 5 menit api menjalar cepat,” ungkapnya.

Diteruskan Zaiwan, pihaknya hanya menyelamatkan rumah yang ada di depan lokasi bekaran. “Kami cuma menyelamatkan warga di depan, api dari jarak 15 meter besar sekali, jadi habis rumah terbakar,” ungkapnya.

Kata dia lagi, penyebab kebakaran belum dipastikan. “Saya pas ada di rumah tadi. Kejadian tepat di rumah Sekdes Ali Imron dan rumah mertua saya,’’ cetusnya.

Sementara, dari keterangan Eyik (25), warga setempat, dia sempat berjibaku ikut memadamkan api. Dia mengatakan, ada 7 atau 8 rumah tetangganya yang ludes terbakar.

“Nah, ini yang di depan rumah Bik Cik (80), di sebelah rumah almarhum Uju Kowi (70). Ruko milik Tabroni, yang menjual sembako. Untuk api belum tau dari mana,” ujarnya kepada palpos.id.

Hasil pemantauan Palembang Pos, terlihat mobil PBK dari Pos Talang Kelapa dikerahkan sebanyak 3 unit. Warga ramai berdesakan untuk menyaksikan kebakaran. Hingga pukul 20.30 WIB, api belum mati total.

Noval (16), pelajar SMKN 4 Palembang yang tinggal tak jauh dari lokasi kebakaran, mengatakan api sampai menyeberang jalan. “Tidak ada yang terselematkan lagi. Habis semua, tapi warga bisa keluar dari api,” tukasnya.

Sementara itu, Camat Talang Kelapa Aminuddin yang dihubungi melalui ponselnya mengatakan, dalam kebakaran tersebut 8 kepala keluarga (KK) kehilangan tempat tinggal. Kesemua KK tersebut, kata dia, ditampung di rumah keluarga masing-masing.
‘’Bupati Banyuasin, H Askolani langsung meninjau kebakaran tersebut,’’ ujarnya, tadi malam. (den)