Kampanye, Jokowi-Prabowo Kembali Tebar Janji

JAKARTA, PALPOS.ID – Dua kandidat presiden memulai aktivitas kampanye akbar mereka kemarin (24/3) di lokasi berbeda. Sesuai hasil undian zona, capres 01 Joko Widodo mengawali kampanye di Zona B. Sementara, Capres 02 Prabowo Subianto di Zona A. Jokowi memilih kota Serang sebagai tempat kampanye. Sementara, Prabowo memilih berkampanye di Manado dan Makassar.

Jokowi hadir di Serang kemarin sore setelah paginya sebagai Presiden meresmikan Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta. Untuk menuju lokasi kampanye di Stadion Maulana Yusuf Serang, Jokowi diarak menggunakan kereta kuda. Mengenakan pakaian khasnya, kemeja lengan panjang yang digulung, Jokowi menyapa para pendukungnya yang sudah hadir secara bergelombang sejak siang.

Dalam kesempatan kampanye kali ini, Jokowi kembali mengangkat isu hoax dan fitnah yang selama ini acapkali ditujukan kepada dia. Menurut Jokowi, saat ini di kalangan akar rumput kabar hoax begitu mudah menyebar. Termasuk yang menyangkut dirinya. “Jangan dibiarkan. Ini harus direspons, ini harus dilawan,” seru Jokowi.

Ayah tiga anak dan kakek dua cucu itu mencontohkan beberapa hoax yang ditujukan kepadanya dari rumah ke rumah. Seperti menghapus pelajaran agama bila menang. Kemudian pelarangan kumandang azan. Termasuk di dalamnya melegalkan pernikahan sesama jenis. “Bohong. Ingat, pendamping saya ini adalah ketua MUI. Tidak mungkin kan,” lanjutnya.

Jokowi meminta masyarakat yang mendukung dia untuk ikut melawan fitnah yang ada. Bila tidak dilawan, tuturnya, fitnah itu akan dianggap sebagai sesuatu yang benar. Setiap fitnah yang muncul harus terus diluruskan agar masyarakat tidak tertipu.

Di hadapan ribuan massa, Jokowi kembali menyampaikan janjinya untuk meluncurkan tiga kartu sakti. Pertama adalah Kartu Indonesia Pintar (KIP) untuk kuliah. Selama ini, KIP hanya ditujukan bagi siswa kurang mampu untuk memastukan mereka bisa bersekolah hingga lulus SMA. KIP kuliah akan memastikan mereka juga bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang universitas.

Program itu merupakan bagian dari visi pembangunan SDM yang akan dijalankan di periode kedua bila dia terpilih. Dalam beberapa kesempatan, Jokowi menjelaskan bahwa lima tahun pertama fokus pada pembangunan infrastruktur. Sementara, lima tahun beriukutnya fokus pada pembangunan SDM agar anak bangsa semakin mampu bersaing dnean negara lain.

Kemudian, kartu prakerja untuk menjamin mereka yang akan memasuki dunia kerja. Salah satunya para lulusan SMA/SMK. Mereka akan dilatih bidang keahlian oleh BUMN, kementerian, balai latihan kerja. Tentu saja, keahlian yang sesuai dengan kebutuhan dunia kerja saat ini. Sehingga, mereka lebih mudah diserap lapangan kerja.

“Di kartu ini diberikan intensif honor 6 bulan sampai1 tahun. Sampai saudara mendapatkan pekerjaan,” tutur Jokowi. Kartu prakerja itu menjadi bagian dari program vokasi yang mulai dijalankan oleh pemerintahannya.

Terakhir adalah kartu sembako murah. dengan menggunakan kartu itu, Jokowi menjanjikan diskon bagi pembelian sembako di outlet yang ditunjuk. Kartu sembako murah itu akan memperkuat program keluarga harapan (PKH) yang selama ini berjalan. Harapannya, keluarga miskin bisa lebih fokus memperkuat perekonomiannya sehingga bisa naik kelas.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi juga menyinggung Banten sebagai Provinsi yang religius. “Melahirkan ulama-ulama besar. Dan satunya KH. Ma’ruf Amin,” ucap mantan Wali Kota Solo itu. Menurut Jokowi, Maruf tidak hanya merupakan ulama besar, namun juga seorang intelektual.

Karena itulah, Maruf tidak ragu dalam menjelaskan berbagai hal mengenai ekonomi syariah hingga perkembangan start up yang menjadi unicorn hingga decacorn. Atas dasar itulah dia memilih Maruf sebagai cawapores untuk mendampingi lima tahun ke depan. “Ini akan mempersatukan ulama dan umara,” tambah Jokowi.

Semua program itu akan dilaksanakan bila dia tepilih. Tepatnya, mulai 2020. Karena itu, Jokowi mengingatkan agar pada 17 April mendatang masyarakat memilih dia dan Maruf. Ciri khas mereka di surat suara adalah pakaian berwarna putih. Pilih yang bajunya putih. Saya ulang, pilih yang bajunya putih. Karena putih adalah kita, tutupnya.

Ajakan untuk menciptakan pemilihan umum yang jujur dan bersih disuarakan Prabowo Subianto, saat berorasi di lapangan karebosi, kota Makassar, Sulawesi Selatan. Di hadapan ratusan ribu massa, Prabowo mengajak para pendukungnya untuk ikut menjaga Tempat Pemungutan Suara (TPS) saat coblosan berlangsung 17 April nanti.

Memulai kampanye hari pertama di wilayah Indonesia timur, Makassar merupakan salah satu lokasi yang dikunjungi Prabowo bersama Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi. Meski kampanye di lapangan ikon kota Makassar itu baru dimulai pukul 16.00 WITA, massa sudah menunggu capres nomor urut 02 itu sejak jam 12 siang.

Setiba di lokasi, capres yang berpasangan dengan Sandiaga Salahuddin Uno disambut shalawat badar. Pembacaan shalawat badar bersama-sama itu dipimpin oleh ulama ternama Sulawesi Selatan yakni Habib Hamid Al Hamid.”Marilah kita sambut calon presiden kita yang kita cintai, yang didukung oleh ulama dengan melantunkan shalawat badar,” ungkap Habib Hamid Al Hamid.

Tak hanya shalawat badar yang diberikan kepada Prabowo. Ketua Umum DPP Partai Gerindra itu juga disematkan Songkok Patonro oleh Ketua Badan Pemenangan Daerah Prabowo-Sandi Sulawesi Selatan yakni Andi Idris Manggabarani. “Ini sebagai tanda kebesaran dan kehormatan dari rakyat Sulawesi Selatan,” kata Manggabarani.

Dalam sambutannya, Prabowo Subianto mengucapkan rasa terimakasihnya kepada seluruh masyarakat Sulsel yang telah menyambutnya sangat meriah. Ia juga menjelaskan bahwa kehadiran masyarakat yang didominasi oleh kaum emak-emak ini sangat menambah semangatnya dalam berjuang untuk membela rakyat Indonesia pada Pemilu 2019 ini. “Emak-emak luar biasa saudara saudara sekalian. Dukungan kalian menambah semangat saya untuk membela rakyat Indonesia,” kata Prabowo.

Prabowo mengaku bahwa ia sangat mengetahui karakter masyarakat Indonesia Timur khusus Sulawesi Selatan. Menurutnya, masyarakat Indonesia Timur memiliki keberanian yang tinggi. Bahkan tak sedikit dari mereka yang memilih profesi sebagai tentara dan seorang pelaut. “Dan tidak ada orang yang penakut itu jadi tentara dan pelaut karena mereka selalu berhadapan dengan maut,” jelasnya.

Karena itu ia mengajak kepada seluruh masyarakat Sulawesi Selatan dan masyarakat Indonesia Timur pada umumnya untuk berani berjuang bersamanya demi kepentingan rakyat Indonesia. Ia mengingatkan, tantangan dan ancaman selalu datang. Karena itu Prabowo meminta kepada seluruh rakyat Indonesia Timur untuk ikut menjaga TPS pada saat pemilihan 17 April mendatang.

“Saya meminta kepada seluruh rakyat Indonesia Timur khususnya Sulawesi Selatan untuk ikut menjaga TPS hingga penghitungan selesai, kalau perlu bawa tikar dan bekal makanan, marilah berjuang bersama kami, kita harus mengembalikan kekayaan rakyat Indonesia,” ujarnya.

Prabowo juga menyampaikan janji bahwa pemerintahannya dapat menurunkan harga listrik dan harga sembako dalam 100 hari pertama kerja jika terpilih. Keyakinannya itu berdasarkan kajian yang dilakukan para pakar yang dibentuknya.

“Saya tanyakan kepada tim saya yang sudah bekerja sekarang, bisa nggak kita turunkan harga listrik? Mereka hitung, hitung, bisa Pak. Bisa kita turunkan harga listrik’. Berapa lama? Mereka jawab, kita bisa turunkan harga listrik dalam 100 hari pertama kita,” ujar Prabowo.

Lebih lanjut, Prabowo juga optimis bisa menurunkan harga bahan pokok kebutuhan masyarakat. Prabowo menyebut tim ahli yang dia bentuk telah memaparkan rencana-rencananya. “Tapi tidak akan saya ceritakan sekarang nanti ada yang nyontek. Akan saya cerita 24 hari lagi,” ujarnya.

Selain bertemu masyarakat Sulsel, Prabowo pada pagi hari menyapa masyarakat kota Manado, Sulawesi Utara. Disana, Prabowo menyatakan pentingnya persatuan dan jangan sampai rakyat Indonesia terpecah belah demi keutuhan NKRI. “Torang samua basudara,” kata Prabowo disambut kepada para pendukung di Lapangan Ternate Baru, Kota Manado.

Prabowo mengungkapkan, dipilihnya Manado karena ibu kandungnya, Dora Marie Sigar, lahir di Manado. Ia pun merasa seperti pulang kampung jika bertemu dengan masyarakat Manado. “Saya memilih mengawali kampanye terbuka saya datang ke tanah Minahasa. Kampanye terbuka pertama yg saya pilih tanah kelahiran ibu saya, dalam darah saya mengalir darah Minahasa,” ungkap Prabowo.

Di sisi lain, Cawapres Sandiaga Uno melakukan kampanye di Sragen, Jawa Tengah. Kedatangan Sandi di kabupaten yang berbatasan dengan Jawa Timur itu adalah untuk menghadiri Sragen Young Entrepreneur Summit (YES) 2019.

Ketua Bawaslu Abhan meminta para peserta pemilu mematuhi komitmen yang mereka deklarasikan Sabtu (23/3) lalu. Prinsipnya, kampanye memiliki aturan mana yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh peserta. Misalnya berkampanye di tempat ibadah, tempat pendidikan, atau kantor pemerintah. Juga tidak melibatkan anak-anak secara aktif dalam kampanye rapat umum.

Abhan juga meminta para peserta pemilu menjadikan kampanye sebagai ajang edukasi masyarakat. Bentuk-bentuk kampanye yang bertentangan dengan hukum harus diganti dengan adu program, adu gagasan, adu visi dan misi, ujarnya. Sehingga, dengan sendirinya kualitas pemilu juga akan ikut meningkat dari sisi kepesertaan. (byu/rls/ful/fin)