2.178 PTPS OKUT Dilantik, Siap Jalankan Tugas

Penyerahan SK Pelantikan PTPS secara simbolis. Diharapkan mampu mengawasi proses pemilu sesuai aturan yang berlaku, Senin (25/3) Foto Ardhi

MARTAPURA – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten OKU Timur melalui Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan melakukan pelantikan dan bimbingan tekhnis Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) di 20 kecamatan se-Kabupaten OKU Timur.

Pelantikan dan bimbingan teknis PTPS se-Kabupaten OKU Timur dalam rangka pemilu anggota DPR, DPD, DPRD serta pemilu Presiden dan wakil Presiden diselenggarakan di Balai Rakyat Pemerintah Kabupaten OKU Timur, Senin (25/3), dengan jumlah seluruh PTPS yang dilantik sebanyak 2178 orang.

Iwan Ardiansyah S.H, pimpinan Bawaslu Sumatera Selatan (Sumsel), mengatakan kepada seluruh PTPS, harus siap mengawasi dan siap melakukan pengawasan disetiap TPS yang ditugaskan, pengawas TPS harus memastikan seluruh proses pemungutan dan penghitungan berlangsung sesuai dengan aturan yang berlaku.

Lanjutnya, ada 5 kecamatan yang dilantik dan diberi bimbingan teknis yaitu  Martapura, Jayapura, Bunga Mayang, Buay Pemuka Peliung dan Kecamatan Madang Suku lll dengan jumlah seluruh PTPS yang dilantik dan diberi Bimbingan Teknis dari 5 kecamatan sejumlah 449 orang.

Sementara, Komisioner Banwaslu OKU Timur Beni Tanagus mengatakan, kegiatan Bimtek merupakan rangkaian kegiatan berjenjang yang dilaksanakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) OKU Timur dalam rangka mempersiapkan hari pemungutan dan penghitungan suara dalam Pilkot OKU Timur 2019 yang akan dilaksanakan pada tanggal 17 April 2019 mendatang.

“Bila ada hal-hal yang terjadi di KPPS dapat langsung melaporkan pada gangguan keamanan tentunya pada polisi, Namun bila saksi atau juga pemilih ada klaim dan berkeras, laporkan ke Panwascam akan kami proses pada jalur hukum, kasus saksi datang terlambat dapat disampaikan pada pihak kami,” pungkasnya. (Cw07)