Jelang Pileg 2019, Gedung Wakil Rakyat Sepi

Beginilah kondisi ruang fraksi di DPRD OKU. Gelap gulita seperti tak berpenghuni. Foto diambil Selasa (26/3), sekitar pukul 11.42 WIB FT EKO MARLENO

Menjelang Pemilihan Legislatif, Rabu, 17 April 2019, mendatang, aktivitas gedung rakyat OKU di jalan Gajah Mada, nomor 1, Kecamatan Baturaja Timur, sepi aktivitas.

Pantauan Palembang Pos di gedung rakyat, tidak ada satupun batang hidung wakil rakyat yang ngantor. Bahkan, ruang di lantai bawah menuju ruang fraksi, gelap gulita seakan tanpa ada penghuninya. Tidak adanya wajah – wajah wakil rakyat yang terlihat berbanding lurus dengan staf fraksi. Tidak ada satupun wajah – wajah staf fraksi yang bekerja.

Tidak hanya di ruang fraksi, pemandangan yang sama juga terjadi di lantai atas gedung rakyat. Dari ujung ke ujung, mulai dari pintu masuk mushalla dewan hingga ke ruang Banleg, kosong melompong.

Satu per satu ruang komisi tak ada satupun nampak batang hidung wakil rakyat OKU yang terhormat. Begitu juga di ruang Ketua dan dua ruangan Wakil Ketua, pun kosong melompong. Hanya terlihat beberapa gelintir staf komisi dan staf unsur pimpinan wakil rakyat OKU.

Hal senada jika terlihat di ruang Sekretaris Dewan, para Kabag – Kabag Setwan OKU, juga ruangannya kosong. Hanya beberapa gelintir staf yang hadir. Dikonfirmasi ke Kabag Umum Setwan OKU, tidak berada ditempat. Salah satu staf Kabag Umum menyampaikan kalau atasannya ikut kunker anggota. “Bapak (Kabag Umum) dinas luar,” ucap salah satu staf.

Dian, warga Kelurahan Sukajadi, menyayangkan jika gedung rakyat OKU sepi wakil rakyat. Apalagi beralasan kunjungan kerja ataupun bimbingan teknis.  Padahal, masa jabatan mereka sebentar lagi habis. “Terkesan mereka cari modal caleg. Dari awal tahun hingga Maret ini, sudah 5 atau 6 kali dewan ni “jalan – jalan”,” tandas Dian. (eco)