Kebakaran Hutan di China, 30 Petugas Pemadam Kebakaran Tewas

BEIJING,PALPOS.ID – Sebanyak 30 petugas pemadam kebakaran tewas, saat mengatasi kebakaran hutan di pegunungan terpencil di provinsi Sichuan, China barat daya pada akhir pekan.

Pada peristiwa kebakaran hutan tersebut, hampir 700 petugas pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api, yang meluas di medan curam pada ketinggian sekitar 4.000 meter di Kabupaten Muli.

“Tim penyelamat telah menemukan 30 mayat petugas pemadam kebakaran yang sebelumnya dinyatakan hilang,” kata Kementerian Manajemen Darurat, seperti di akun resmi Weibo seperti twitter.

“Pemerintah setempat telah kehilangan kontak dengan 30 petugas pemadam kebakaran Minggu sore setelah perubahan tiba-tiba dalam arah angin memicu “bola api besar,” sambungnya.

Rekaman yang ditayangkan oleh stasiun televisi CCTV menunjukkan, gumpalan asap yang berasal dari daerah pegunungan yang berhutan.

“Presiden Xi Jinping dan Perdana Menteri Li Keqiang menyampaikan instruksi untuk menanggapi keadaan darurat,” kata pernyataan itu.

Kebakaran hutan terpisah yang berlangsung dua hari di provinsi Shanxi di utara dikendalikan pada hari Minggu. Lebih dari 9.000 orang diungsikan dari rumah mereka karena kebakaran itu, yang tidak menimbulkan korban.

Hampir 3.000 petugas pemadam kebakaran menyiram kebakaran hutan lainnya di pinggiran Beijing, Minggu. Tidak ada korban dilaporkan dalam kebakaran, yang dimulai hari Sabtu dan tersebar di 42,7 hektar.

“Pusat Meteorologi Nasional China telah memperingatkan, suhu yang lebih hangat dan curah hujan yang lebih rendah dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya telah meningkatkan risiko kebakaran hutan di utara negara itu,” kata kantor berita resmi Xinhua. (fan/der/fin)