Ajak Kaum Milenial Gemar Makan Ikan

PALI, PALPOS.ID– Dinas Perikanan yang bekerjasama dengan TP PKK Kabupaten PALI tengah menggaungkan program Gerakan Masyarakat Makan Ikan (Gemarikan) yang bertujuan untuk mengenalkan kepada masyarakat, khususnya pada anak-anak tentang baiknya kandungan protein pada ikan.

Untuk itulah, Dinas Perikanan berasama TP PKK Kabupaten PALI mengajak 518 siswa Sekolah Dasar (SD) yang berada di Kecamatan Talang Ubi, untuk gemar makan ikan. Selain menggaungkan program Gemarikan, panitia juga mengadakan lomba cipta menu serba ikan, yang diikuti oleh 10 kelompok yang berasal dari kalangan emak-emak.

Sri Kustina Heri Amalindo yang merupakan istri dari Bupati PALI menyebutkan jika peserta emak-emak tersebut berasal dari lima kecamatan di PALI dan akan dinilai oleh juri dari chef Hotel Arya Duta yaitu Abdul Gani.

“Juri yang kita datangkan ini merupakan chef yangn memang berkompeten dalam bidang perikanan dan ahli tata boga. Dan sistem penilaian lomba masak ikan antara lain, keratifitas, cita rasa, aman dikonsumsi, tata boga dan keterampilan memasak,” katanya.

Program Gemarikan, lanjut Sri, merupakan porgram yang digaungkan oleh Kementrian yang bertujuan untuk membudayakan makan ikan dimasyarakat terutama kaum muda dan anak.

“Jadi dalam program ini kita adakan perlombaan dengan bahan baku serba ikan, juga untuk menciptakan  inovasi baru dalam mendapatkan varian menu baru berbahan dasar ikan. Nantinya yang menjadi juara kali ini akan mewakili PALI untuk ikuti lomba masak ditingkat Provinsi,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati PALI, H Heri Amalindo menjelaskan kegiatan ini dilakukan secara rutin, dan sudah dilakukan lima kali. Dengan tujuan untuk menggalakan dan mengampanyekan gemar makan ikan. Gemar ikan juga untuk meningkatkan konsumsi ikan di Kabupaten PALI dengan ragam menu serba ikan untuk kesehatan dan kecerdasan masyarakat.

“Gerakan makan ikan harus dilakukan secara berkelanjutan, dimana selama ini memasak ikan hanya direbus, dibakar atau digoreng. Namun dengan terciptanya varian menu baru, makan ikan tidak akan bosan, dan kegiatan lomba masak guna mencari inovasi menu baru dalam masak menu berbahan ikan,” terang Heri Amalindo. (FRI/UMN)