480 Pelajar Ikuti Seleksi Paskibraka

Sekda Kota Palembang Ratu Dewa didampingi Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Ahmad Zazuli bersama peserta seleksi paskibraka, Rabu (10/4). Foto: Umn/palpos.id

PALEMBANG, PALPOS.ID– Dalam menyambut Dirgahayu Republik Indonesia pada 17 Agustus mendatang, sebanyak 480 siswa/siswi tingkat SMA/SMK/MA mengikuti seleksi anggota Paskibraka tingkat kota Palembang. Tes ini merupakan tes tahapan awal yang harus dilalui oleh para peserta.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Ahmad Zazuli mengungkapkan untuk tahap tes ini akan dilaksanakan dari tanggal 8-12 april, setelah dinyatakan lulus maka para peserta akan menyelesaikan tes di tahap berikutnya yaitu mengikuti pendidikan selama kurang lebih 3 bulan. “Untuk pesertanya terdiri dari siswa kelas X, jurinya berasal dari TNI, Polri, Dinas Pemuda dan Olahraga serta para alumni Paskibraka. Tentunya ada syarat khusus yang harus diikuti seperti syarat pria tinggi 170 dan putri 165, ini akan menjadi suatu kebanggaan bagi diri mereka yang tidak akan terlupakan,” kata Zazuli, Rabu (10/4).

Ia menambahkan jika tahap seksi ini ada beberapa rangkaian seperti tes psikotes yang diikuti 480 peserta kemudian dari jumlah itu akan dikerucutkan lagi menjadi 30 peserta. “Jumlah tersebut dari 15 Putra dan 15 Putri dan diantaranya ada 6 anggota cadangan,” sambungnya.

Ditempat yang sama, Sekda kota Palembang Ratu Dewa, menambahkan bahwa tahap ini baru tahap seleksi yang diikuti oleh ratusan pelajar dari berbagai kejuruan. Tentunya pada tahap ini akan diberlakukan tahapan-tahapan ujian. “Kepada pelajar yang nanti terpilih diharapkan agar dapat mempersiapkan diri sebaik mungkin dan jadikan ini sebagai momentum yang sangat berharga sehingga apa yang akan dilaksanakan pada tangal 17 Agustus nanti sebagai tonggak penting, tonggak bersejarah dalam melangkah ke depan untuk mempersiapkan diri menjadi putera-puteri terbaik bangsa ini dan bagi yang belum mendapatkan kesempatan agar,” ujarnya.

Ratu mengharapkan kepada semua peserta Paskibra yang telah lulus dalam seleksi ini bisa menjalankan tugas dengan baik dalam baik itu  pengibaran bendera merah putih dan tugas lainnya semua harus sukses.(UMN)