Sekretaris Jenderal Kemendikbud RI Didik Suhardi memberikan keterangan kepada wartawan usai membuka Diskusi Kelompok Terpumpun di Ballroom Novotel Palembang, 10-12 April 2019. (f : istimewa)

PALEMBANG, PALPOS.ID – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia, melalui Pusat Analisis dan Sinkronisasi Kebijakan (PASKA) mendorong peningkatan mutu pendidikan di Sumatera Selatan.

Acara dikemas dalam Diskusi Kelompok Terpumpun bertema Mencari Solusi Permasalahan Pendidikan Melalui Pemanfaatan Neraca Pendidikan Daerah (NPD) Provinsi Sumatera Selatan di Ballroom Novotel Palembang, 10-12 April 2019.

Acara dibuka oleh Sekretaris Jenderal Kemendikbud RI Didik Suhardi, dihadiri Kepala PASKA Hendarman PhD, Kepala Dinas Pendidikan Sumsel Widodo, Kadis Disdik Kota Palembang Julinto, serta utusan seluruh Diknas/Disdik dan Bappeda se-Sumsel, media, dan LSM.

“Quality spending yang bagus, anggaran pendidikan yang bagus, dan partisipasi pendidikan yang bagus akan menghasilkan pendidikan yg bagus. Begitu pula sebaliknya,” ujar Didik Suhardi, Sekretaris Jenderal Kemendikbud RI, ketika membuka acara tersebut. Selain itu, dalam Neraca Pendidikan Daerah (NPD) Sumatera Selatan masih perlu ditingkatkan.

Sebab, dari urutan secara nasional, Sumatera Selatan belum menunjukkan angka signifikan bahkan masih berada di urutan bawah.

“Kita ingin mutu pendidikan di Sumatera Selatan bisa lebih ditingkatkan lagi, terlebih mutu pendidikan di kabupaten/kota,  karena dapat mendorong Neraca Pendidikan Nasional,” ujarnya.

Dalam kegiatan tersebut, juga dilakukan diskusi per kelompok membahas berbagai permasalahan pendidikan di kabupaten/kota di Sumatera Selatan.

“Dengan Neraca Pendidikan Daerah tahun 2018 yang kita paparkan ini, pemerintah daerah menyambut dengan melakukan perbaikan-perbaikan,” sambung Kepala PASKA, Hendarman PhD. (ril)