UIN Raden Fatah Pasang Wifi Corner

Rektor UIN Raden Fatah, Sirozi Saat Meresmikan Internet Corner Di Fakultas Syariah UIN Raden Fatah Palembang, Rabu (10/4). Foto: Umn/palpos.id

PALEMBANG, PALPOS.ID– Demi menjamin kenyamanan mahasiswa saat berada di kampus serta melakukan berbagai upaya menuju Smart Campus, pihak Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang menerapkan sistem layanan berbasis Ilmu Teknologi (IT) diberbagai bidang. Selain penerapan sistem IT yang sangat memudahkan stakeholder, IT juga diharapkan mampu menjaga efisiensi dan efektifitas kegiatan di kampus.

Kepala PUSTIPD UIN Raden Fatah Palembang, Fahruddin Rusli mengatakan jika kampus UIN Raden Fatah terus berupaya menerapkan pelayanan berbasis IT demi mewujudkan smart campus. “Kita sedang mengupayakan untuk menuju ke Smart Campus yang semua layanan IT. Mudah-mudahan ditahun 2020 bisa tercapai, dan baik layanan maupun sistem kegiatan belajar mengajar juga dapat menggunakan IT,” katanya.

Fahruddin juga menambahkan jika saat ini sejumlah layanan berbasis IT sudah diterapkan diberbagai bidang seperti layanan akademik, kepegawaian, keuangan, layanan pengaduan masyarakat dan perpustakaan. “Target kita kedepan adalah kita akan memasang wifi di beberapa ruangan kelas yang ada di UIN,” tambahnya.

Dirinya menyebutkan jika upaya untuk mencapai target pemasangan internet tersebut dengan melakukan kerjasama dengan Gasnet sebagai penyedia jaringan untuk menyediakan seluruh kebutuhan internet di kampus termasuk bagi mahasiswa. “Kita bersama Gasnet sudah membuat dua internet corner di kawasan kampus yakni di Fakultas Syariah dan Ushuludddin. Fasilitas ini bertujuan agar mahasiswa mendapatkan akses internet yang lebih cepat lagi,” terangnya.

Sementara itu, Direktur Gasnet, Rikhi Narang mengungkapkan, UIN Raden Fatah Palembang merupakan kampus ke 11 yang melakukan kerjasama dalam penyediaan internet. “Untuk di Sumsel, selain UIN Raden Fatah kita sudah juga melakukan kerjasam dengan Universitas Sriwijaya (Unsri) dan Bina Darma (Bidar),” tutupnya.(UMN)