40 Siswa Ikuti UNBK Paket C

Siswa PKBM Athree Seusai Mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Paket C, Minggu, (14/4). Foto: Umn/palpos.id

PALEMBANG, PALPOS.ID– Puluhan siswa Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Athree Palembang mengikuti pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Paket C atau setara Sekolah Menengah Atas (SMA) tahun  2019. UNBK Paket C ini dipusatkan di gedung PKBM Athree Palembang yang berada di kawasan 26 Ilir Palembang, Minggu (14/4/2019).

Pengelola PKBM Athree Palembang, Purnama Sari mengungkapkan, ada 40 peserta UNBK Paket C yang akan melaksanakan ujian pada tanggal 14-16 April 2019. “Pelaksanaan UNBK Paket C ini kita lakukan secara mandiri sejak tahun lalu. Pelaksanaan UNBK ini merupakan tahun kedua sejak berdirinya PKBM pada 2016 lalu,” ungkapnya.

Dijelaskannya, dari peserta ujian tersebut berasal dari berbagai profesi dan memiliki tujuan hingga kendala masing-masing. Mulai dari berumur 54 tahun hingga ada yang ingin bertujuan mendaftar masuk polisi maupun TNI.  “Tahun ini semua siswa ambil jurusan IPA. Tapi tahun sebelumnya ada yang pilih jurusan IPS,” paparnya.

Masih menurut Sari, ada tujuh mata pelajaran yang harus diikuti siswa dalam pelaksanaan UNBK Paket C ini yakni Bahasa Indonesia, matematika, kimia, biologi, bahasa inggris, PKN dan Fisika. “Pelaksanaan UNBK Paket C sendiri masing-masing diberikan waktu selama 120 menit setiap mata pelajarannya,” terangnya.

Sementara itu, Pemilik PKBM Athree Palembang, Masayu Robby Elhuda mengatakankan, PKBM Athree menjadi satu-satunya PKBM di Palembang yang melaksanakan UNBK Paket C secara mandiri. “Bagi masyarakat yang putus sekolah mereka bisa memilih sekolah paket. Kami siap membantu dan Biayanya sangat terjangkau, seperti pendaftaran hanya Rp.500 ribu saja,” ucapnya.(UMN)