Bawaslu Kota Prabumulih menggelar apel siaga. Foto: Agustiawan

PRABUMULIH, PALPOS.ID – Guna mencegah terjadinya kecurangan dan pelanggaran dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif  (Pileg) yang akan dilangsungkan pada Rabu (17/04) mendatang, Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Kota Prabumulih, telah melaksanakan apel siaga.

Selain itu, Bawaslu juga akan lebih meningkatkan pengawasan dengan gencar melakukan patroli pengawasan ‘tolak politik uang’ di 37 desa dan kelurahan yang ada di Kota Prabumulih.

“Ini kita lakukan untuk mengantisipasi terjadinya money politic (politik uang),” ujar Herman Julaidi SH, Ketua Bawaslu Prabumulih ketika dikonfirmasi.

Bahkan, sambung Herman, pihaknya juga telah mendirikan posko pengaduan di Sekretariat Bawaslu Jalan Padat Karya, Kelurahan Gunung Ibul, Kecamatan Prabumulih Timur.

“Jadi bagi masyarakat yang mengetahui adanya kecurangan, silahkan melapor ke posko yang telah kami siapkan,” tandasnya.

Lebih lanjut Herman berharap, agar masyarakat berperan aktif ikut mengawasi jalannya pesta demokrasi tersebut.

“Ini tanggung jawab kita bersama, makanya kami mengimbau agar masyarakat turut mengawasi dan melaporkan jika ada pelanggaran,” tuturnya.

Disinggung mengenai ada tidak temuan pelanggaran oleh Bawaslu, secara tegas mantan anggota DPRD Prabumulih ini menuturkan, sampai H-3 pemungutan suara, pihaknya belum menemukan adanya pelanggaran.

“Sampai saat ini belum ada temuan dan laporan terkait pelanggaran tersebut,” pungkasnya. (WAN)