SPAL Tunda Pesta Si Nyonya Tua

Pemain SPAL merayakan gol yang dilesakkan Segio Floccari ke gawang Juventus. Foto: Istimewa/palpos.id

FERRARA, PALPOS.ID- Juventus harus tertunda merayakan gelar scudetto akhir pekan kemarin usai diimbangi tim tamu SPAL di Stadion Paolo Mazza. Secara mengejutkan, Si Nyonya Tua ditekuk tuan rumah dengan skor 2–1.

Dua gol kemenagan Spal dipersembahkan oleh Kevin Bonifazi dimenit ke 49 dan Sergio Floccari di menit 74. Gol semata wayang Juventus dihasilkan oleh Moise Kean di menit ke 30.

Bianconeri sebenarnya hanya butuh satu poin saja untuk mengunci gelar musim ini sekaligus menorehkan rekor jawara dengan enam sisa pertandingan. Hanya saja, tuan rumah tak ingin begitu saja menyerahkan kemenangan Juventus.

Di babak pertama, Juventus yang menurunkan pemain muda langsung tancap gas untuk mengejar gol. Dimotori Paulo Dybala, Juventus langsung mencetak gol di menit ke 30 melalui aksi Moise Kean.

Pemain muda tersebut sukses melihat tembakan dari Joao Cancelo yang sebenarnya melebar. Namun oleh Kean, bola sukses diarahkannya ke gawang tim tuan rumah dan gagal diantisipasi kiper SPAL, Emiliano Viviano.

Usai mencetak gol. Juventus mencoba menurunkan tempo pertandingan untuk mengantisipasi serangan SPAL yang mulai spartan setelah kebobolan. Hanya saja, serangan tersebut gagal membuahkan gol dan menutup babak pertama dengan keunggulan Juventus.

Memasuki babak kedua, SPAL mengambil inisiatif untuk menekan pertahanan Juventus yang dikawal Barzagki. Buktinya, empat menit baru di babak kedua, tuan rumah berhasil menyamakan kedudukan.

Gol SPAL berawal dari tendangan sudut. Bola yang ditendang oleh Pasquale Schiattarella diteruskan dengan sundulan oleh Kevin Bonifazi. Bola sempat memantul ke tanah dan Mattia Perin gagal mengantisipasinya.

Gol tersebut membuat SPAL makin meningkatkan serangan. Pada menit ke-59, SPAL kembali dapat peluang untuk mencetak gol. Umpan silang Lazzarri disambut dengan tandukan oleh Murgia. Namun kali ini Perin bisa mengamankan bola.

Juventus mencoba bereaksi. Hans Nicolussi Caviglia melepaskan tembakan dari luar kotak penalti dan memaksa Viviano melakukan penyelamatan. Peluang lain didapat Juventus. Dybala menyambar bola muntah dari tembakan Cuadrado yang diblok, tapi Viviano bisa mengantisipasinya.

SPAL berbalik unggul pada menit ke-74. Murgia menyerobot bola dari Nicolussi dan masuk ke kotak penalti. Bola kemudian dioper ke Sergio Floccari yang kemudian menuntaskannya jadi gol dengan sepakan yang mengecoh Perin.

Tertinggal, Juventus terus berupaya menekan. Massimiliano Allegri memasukkan Federico Bernardeschi untuk menambah daya gedor. Upaya Juventus untuk mencetak gol balasan nyaris membuahkan hasil pada masa injury time.

Namun sundulan Mattia De Sciglio yang meneruskan tendangan bebas Bernardeschi masih melebar dari gawang SPAL. Laga tuntas dengan skor 2-1 untuk kemenangan SPAL. Juventus pun harus menunda pesta juaranya. (FAN)