Kawanan Pembobol Aki Mobil Libatkan Anak di Bawah Umur

Tersangka Aidil Firmansyah (tengah), otak dari pencurian aki dan pembobolan rumah warga yang meresahkan saat diamankan di kantor Polsek Tebing Tinggi, Senin (15/04). foto : Padri 4L

EMPAT LAWANG, PALPOS.ID – Anggota Polsek Tebing Tinggi Empat Lawang berhasil mengamankan Aidil Firmansyah (21) dan Ph (13), warga Tanjung Beringin Lama, Kelurahan Pasar Tebing Tinggi.

Keduanya diamankan karena diduga melakukan pencurian baterai aki mobil  di Jalan Lingkar Jembatan Musi II Empat Lawang,Minggu (14/04), sekira pukul 04.30 WIB.

Kapolsek Tebing Tinggi Kompol Hardiman melalui Kanitreskrim Iptu Indra Gunawan menjelaskan, penangkapan tersebut merupakan tindak lanjut dari laporan warga yang sering kehilangan aki mobil truk atau pick up yang terparkir di rumah.

“Mereka ini komplotan pencuri spesialis  aki mobil dan motor, yang didalangi oleh Aidil dengan mangajak dan mempengaruhi anak di bawah umur  untuk melakukan pencurian aki. Modusnya, mengincar mobil yang terparkir dengan satu orang melakukan pengawasn di  motor dan satu orang lagi melakukan eksekusi, ” jelasnya.

Dari hasil pengembangan, lanjut Indra, pihaknya berhasil menangkap dua orang rekannya yang juga masih di bawah umur yaitu Abl (14) dan Lk (14).

“Si otak pencuri Aidil ini sering bergantian mengajak ketiga tersangka yang masih  berstatus pelajar ini dalam melakukan aksi pencurian aki dan bahkan mereka juga menggasak tabung gas di toko yang terjadi di Tanjung Beringin sebanyak dua kali. Wilayah yang menjadi sasarannya seperti Perumnas, Talang Jawa, Pensiunan dan jalan poros,” ungkapnya.

Dari tangan tersangka disita barang bukti (BB) berupa aki mobil sebanyak 15 buah dan aki motor 1 buah serta tabung gas 5 buah.

Masih kata Indra, dikarenakan pelaku masih di bawah umur, pihaknya akan berkoordinasi dengan  Balai Pemasyarakatan (Bapas) Lahat untuk menentukan penyebab keterlibatan anak di bawah umur yang berurusan dengan kriminal tersebut.

“Sesuai dengan Undang-undang Anak, kita akan berkoordinasi dengan Bapas Lahat guna mengetahui penyebab anak yang terlibat kasus kriminal ini,” ucapnya. (ler)