Polisi Amankan Pemilu, Kejari Usulkan Sidang Ditunda

Ilustrasi sidang. Foto: Kristian/Palpos.id

PRABUMULIH, PALPOS.ID Untuk mensukseskan jalannya Pemilihan Umum (Pemilu) Presiden dan Wakil Presiden serta Pemilu Legislatif, Kejaksaan Negeri (Kejari) Prabumulih mengusulkan kepada Pengadilan Negeri (PN) Klas IIB Prabumulih, agar seluruh perkara yang akan disidangkan pada hari Selasa (16/04) sampai Kamis (180/4) ditunda.

“Untuk mensukseskan Pemilu dan menjaga agar masa tenang berjalan tertib, kita mengusulkan agar sidang pada hari Selasa (16/4) dan Kamis (18/4) supaya ditunda,” ujar┬áKepala Kejaksaan Negeri Prabumulih, M Husein Atmaja SH MH melalui Kasi Pidum, Yayan Indriana SH kepada wartawan, Minggu (14/04).

Dijelaskan Kasi Pidum, saat ini seluruh anggota Polres Prabumulih dikerahkan untuk mengamankan jalannya pesta demokrasi yang diselenggarakan setiap lima tahun itu.

“Makanya kita ajukan penundaan karena sesuai prosedur tetap (protap) untuk membawa terdakwa kepersidangan harus dikawal aparat kepolisian. Protapnya harus ada polisi, sementara sekarang ini polisi semua bertugas mengamankan Pemilu. Karena itu kita minta tunda,” tegas Yayan.

Masih kata Yayan, nantinya persidangan akan dimulai kembali pada hari Senin (22/04) mendatang.

“Nanti dibagi (sidang lanjutan), sekarang kita sukseskan dulu jalannya Pemilu supaya berjalan lancar,” ucapnya.

Lebih lanjut Yayan menuturkan, terkait itu pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak Pengadilan Negeri (PN) Prabumulih.

“Kita sudah koordinasi dan nanti hasilnya kita ketahui hari Senin,” imbuhnya.

Ditanya berapa banyak sidang yang ditunda, pria yang pernah bertugas di Kejari Martapura OKU Timur ini mengatakan, ada sekitar 20 perkara yang akan ditunda.

“Ada dua puluh kasus, kasusnya macam-macam ada narkoba maupun tindak pidana lainnya,” pungkasnya.

Sementara, Dendi Firdiansyah SH, Ps Humas PN Prabumulih mengakui, pihak Kejaksaan Negeri Prabumulih telah berkoordinasi dengan pihaknya terkait penundaan sidang.

“Ya memang benar, tapi kita belum tahu hasil pertemuan dengan ketua PN,” ucapnya singkat. (WAN)