Polisi Kawal Ketat Pendistribusian Logistik

Walikota dan muspida terkait di Kota Lubuklinggau, melepas truk pengangkut logistik pilpres dan pileg 17 April 2019, di depan kantor KPU Lubuklinggau, Senin (15/4).

LUBUKLINGGAU, PALPOS.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lubuklinggau, mulai mendistribusikan logistik pemilihan presiden (pilpres) dan pemilihan legislatif  (pileg) 17 April 2019 ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Senin (15/04).

Proses pendistribusian dikawal ketat oleh kepolisian dari  Polres Lubuklinggau.

Ketua KPU Kota Lubuklinggau, Topandri, menjelaskan bahwa logistik yang didistribusikan dan diangkut oleh 24 truck mencakup,  kota suara, bilik suara, formulir, Daftar Pemilih Tetap (DPT), dan surat suara yang sudah di kemas perdaerah pemilihan (dapil), untuk 608 TPS (Tempat Pemungutan Suara).

“Dari KPU logistik yang didistribusikan dikawal kepolisian dan bawaslu,  dan PPK sudah siap menyambut kedatangan logistik ini,” jelas Topan.

Selanjutnya, dikatakan Topandri, pendistribusian dari PPK ke Panitia Pemungutan Suara (PPS), baru akan dilakukan pada Selasa (16/4).  Sedangkan dari PPS ke TPS baru akan dilakukan pada hari H.

“Logistik menginap semalam di PPK, baru besoknya distribusi dilanjutkan ke PPS, hari H tanggal 17, sekitar pukul 05.00 WIB baru ke TPS,” jelas Topan.

Sementara itu, total surat suara (susu) yang didistribusikan sebanyak 820.575 susu dengan rincian 164.115 susu pilpres, begitu juga dengan susu DPR RI, DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD Kota/kabupaten masing-masing 164.115 susu.

“Susu yang didistribusikan sesuai jumlah DPT plus 2 persen,” ujar Topan.

Selebihnya, tambah Topan, ada sekitar 400 lembar susu pilpres dan sekitar 100 an lembar susu DPR RI, ada juga DPD, DPRD Provinsi  dan yang paling sedikit DPRD kota, akan dimusnakan besok (hari ini).

Sementara itu, Kapolres Lubuklinggau, AKBP Dwi Hartono, menjelaskan untuk pengamanan logistik, dilakukan pengawalan pendistribusian hingga sampai ke TPS.

Selain itu, untuk pengamanan proses pemilihan pada hari H, rekapitulasi susu hingga selesai, Polres Lubuklinggau menerjunkan 510 personel, yang diback-up  Brimob dan Kodim 0406/Mura-Linggau-Muratara (MLM).

“Brimob satu pleton dan Kodim 0406/MLM satu pleton,” ungkap Dwi.

Sementara untuk pengamanan di masing-masing TPS disesuaikan dengan kondisi kerawanan. Dimana untuk TPS yang kurang rawan, dijaga oleh 2 personil untuk 4 TPS atau satu banding dua.

TPS yang rawan dua polisi untuk dua TPS atau satu banding satu. Sedangkan untuk TPS sangat rawan tetap dua polisi untuk dua TPS tetapi diperbanyak dengan Linmas.

Sementara itu, pantauan di lapangan pendistribusian logistik kemarin dilepas langsung oleh Walikota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe (Nanan), didampingi  muspida terkait, ditandai pengangkatan bendera start dan melajunya truk pengangkut logistik. (mar)