Bersantai di Lembah Cinta

objek wisata lembah cinta yang ada di kota lubuklinggau. Foto: Mar/palpos.id

LUBUKLINGGAU, PALPOS.ID- Kota Lubuklinggau merupakan wilayah paling barat  di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) dan  berbatasan langsung dengan Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu. Dengan luas wilayah 401,50 km atau 40.150 Ha, Lubuklinggau meliputi 8 wilayah kecamatan dan 72 kelurahan.

Lubuklinggau  dikenal sebagai kota transit, karena posisinya yang geostrategis menjadi perlintasan jalur tengah Sumatera yang menghubungkan Sumsel dengan Bengkulu disisi Barat, Lampung disisi Selatan, dan wilayah lainnya dibagian pulau Sumatera. Posisi daerahnya yang  geostrategis itu membuat Kota Lubuklinggau berkembang pesat.

Kendati tidak memiliki Sumber Daya Alam (SDA) yang berlimpah seperti daerah lainnya. Namun kebijakan pemerintah setempat menjadikan Kota Lubuklinggau sebagai kota jasa, membuat sejumlah investor melirik dan berani menanamkan investasinya di kota berjuluk Bumi Sebiduk Semare ini.

Belakangan, dibawah kepemimpinan H SN Prana Putra Sohe- H Sulaiman Kohar (Nansuko), pemerintah setempat mengembangkan sejumlah potensi objek wisata alam, dan mencanangkan Kota Lubuklinggau sebagai Kota Tujuan Wisata.

Kebijakan itu, membuat potensi wisata alam di Bumi Sebiduk Semare ini terus berkembang. Selain, Air Terjun Temam, objek wisata alam Bukit Sulap terus dipercantik dengan beberapa objek baru, seperti objek wisata Lembah Cinta.

Objek wisata Lembah Cinta ini terbilang baru. Namun keindahan yang ditawarkan objek wisata satu ini mampu membius pengunjung untuk tetap berlama-lama menikmati pemandangan dilokasi itu.

Terlebih lokasi Lembah Cinta tidak saja mudah dijangkau, karena hanya sekitar 100 meter dari gerbang Bukit Sulap, atau hanya sekitar 2,5 km dari pusat kota.

Untuk menjangkau lokasi tersebut, bisa dengan kendaraan umum, seperti ojek atau ojek online (ojol), maupun dengan taxi. Waktu yang dibutuhkan dari pusat kota ke lokasi Lembah Cinta tidak sampai 15 menit.

Disini (Lembah Cinta), pengunjung bukan saja bisa menikmati keasrian alam dan sejuknya udara di area Taman Nasional Kerinci Sebelat (TNKS) Bukit Sulap. Tetapi yang gemar selfi juga bisa memuaskan hobinya disini. Karena view (pemandangan alam) disini sangat pas untuk penggemar selfi.

Pengunjung yang membawa kendaraan sendiri juga tidak perlu khawatir kendaraannya akan hilang. Karena dilokasi ini, pengamanan dilakukan secara swadaya oleh masyarakat setempat. Hanya dengan merogo kocek Rp 2 ribu untuk kendaraan Roda 2 (R2) dan Rp 5 ribu untuk kendaraan Roda 4 (R4), untuk biaya parkir, pengunjung bisa bebas meninggalkan kendaraannya untuk masuk ke Lembah Cinta.

Tapi sebelum itu, pengunjung juga harus membayar tiket masuk. Tidak perlu khawatir, karena tiket masuk ke Objek Wisata Lembah Cinta cukup terjangkau. Hanya dengan membayar Rp 10 ribu untuk dewasa dan Rp 5 ribu untuk pelajar.

Asyiknya, bagi keluarga yang membawa anak dengan usia dibawa 10 tahun,  gak dihitung alias gratis. Selain itu pengelah juga memberikan diskon 10 persen baginyang datang rombongan lebih dari 10 orang. “Kalau rombongan lebih dari 10 orang ada diskon 10 persen,” ujar Deni, pengelolah Objek Wisata Lembah Cinta. Selain itu, fasilitas umum seperti toilet dan Mushollah juga tersedia disini. Sehingga pengunjung tidak perlu khawatir.  “Yang hobi nyanyi, bisa juga karoke,” pungkas Deni. (MAR)