Danau Rayo, Desitinasi Wisata Andalan Muratara

Eloknya nuansa Danau Rayo yang kental akan nuansa alamnya yang masih asri dan sejuk. Foto: Rat/palpos.id

MURATARA, PALPOS.ID– Kabupaten Muratara selain kaya sumber daya alam (SDA) yang berlimpah, juga memiliki tempat wisata yang tidak kalah menarik dari daerah lain di Sumatera Selatan dan Indonesia.

Salah satu destinasi wisata andalan Kabupaten Muararara yakni Danau Rayo. Lokasi wisata alam ini terletak tidak jauh dari pusat kota Kabupaten Muratara. Kini, Danau Rayo menjadi menjadi tempat wisata favorit  masyarakat baik lokal maupun luar Kabupaten Muratara.

Di mana Danau Rayo sendiri kental akan nuansa alamnya yang masih asri dan sejuk. Selain itu, pemandangan di sekitar Danau Rayo yang begitu indah dan pastinya bisa membuat para pengunjung merasa puas.

Selain itu juga Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muratara melalui Dinas Kebudayaan dan Parawisata (Disbudpar) telah mempercantik Danau Rayo dengan menyediakan fasilitas seperti kapal pesiar, perahu ketek, taman, saung ikan gabus dan dermaga.

Fasilitas tersebut bertujuan agar para pengunjung bisa mengelilingi danau yang bentuknya seperti kuali, bahkan sangan cocok untuk  swafoto para pengunjung.

Kadisbudpar Muratara, Hj. Titin Martini mengatakan, pihaknya sudah melengkapi fasilitas Danau Rayo untuk membuat para pengunjung merasa nyaman. Pengunjung bisa menggunakan fasilitas yang ada seperti kapal pesiar, perahu ketek untuk mengililing danau, kemudian ada juga saung ikan gabus, taman dan pondok kecil untuk pengunjung bersantai sambil menikmati keindahan Danau Rayo yang masih asri.

“Pastinya para pengunjung akan senang dengan pemandangan alam yang masih asri dan bisa mengelilingi danau  yang berbentuk kuali tersebut. Pengunjung bukan hanya bisa menikmati keindahan alam, namun juga banyak tempat untuk ornamen berswafoto atau selfie,” ungkapnya.

Selain itu, lanjutnya, di sana nantinya akan ada acara pentas seni dan bahkan setiap hari untuk menghibur para pengunjung. Kemudian pengunjung juga bisa membelih suvenir karena disana ada gerai suvenir dan juga ada  agrowisata sayuran.

“Kita mencoba tampil beda dengan tempat wisata lainnya, dengan adanya pentas seni tersebut bisa menghibur para wisata,” tuturnya.

Dijelaskannya lebih lanjut, mengingat Muratara menjadi tuan rumah STQ tingkat Sumatera Selatan (Sumsel), Danau Raya akan dimanfaatkan untuk memperkenalkan tempat wisatanya. Di mana nantinya setiap harinya para peserta STQ akan diarahkan untuk mengunjungi Danau Rayo.

“Kita akan perkenalkan tempat wisata Danau Rayo kepada peserta STQ, dan setiap hari akan diarahkan untuk berkunjung ke sana,” jelasnya.

Ditambahkan, dengan sudah disediakan fasilitas,  para pengunjung mengalami peningkatan. Di mana setiap harinya mencapai ratusan orang yang berkunjung ke Danau Rayo.

“Jika pada saat hari libur mencapai ribuan orang yang berkunjung ke Danau Rayo. Jadi, sekarang sudah mengalami peningkatan pengunjung yang datang.  Bahkan bukan hanya masyarakat lokal, karena ada juga dari Lubuklinggau dan Sorolangun Jambi yang merasa penasaran melihat keanggunan yang dimiliki Danau Rayo,” tutupnya. (RAT)