Klinik Mediska PT KAI Melayani Umum

Kepala Divisi Regional III PT KAI Palembang, M Purnomosidi meninjau warga yang mendapatkan pelayanan pengobatan gratis. Foto: Lukman/Palpos.id
MUARA ENIM, PALPOS.ID – Masyarakat Kota Muara Enim kembali bisa menikmati pelayanan kesehatan di luar RSU dr HM Rabain Muara Enim maupun Puskesmas. Pasalnya, Klinik Mediska PT KAI sudah mulai beroperasi dan melayani masyarakat umum serta pasien peserta BPJS maupun inhealt.
Klinik yang terletak di areal stasiun Kerata Api Kota muara Enim tersebut, mulai beroperasi sejak, Kamis (02/05). Pengoperasi klinik tersebut dilakukan Kepala Divisi Regional III Palembang, M Purnomosidi.
Pada pengoperasian tersebut juga dilakukan bakti sosial  pengobatan kesehatan gratis menggunakan rail clinic. Puluhan masyarakat terlihat antusias untuk melakukan pengobatan gratis yang dilaksanakan manajemen PT KAI ini.
Kepala Divisi Regional III PT KAI Palembang, M Purnomosidi mengatakan, klinik yang dioperasikan bisa untuk melayani masyarakat umum. Mediska yang dioperasikan merupakan yang ke 4 di Sumsel, setelah Kertapati, Kota Prabumulih dan Lahat. Dokternya standby di klinik tersebut.
“Untuk sementara ini beroperasi mulai jam 08.00 – 17.00 WIB setiap hari kerja. Kedepan kita upayakan beroperasi selama 24 jam secara bertahap melihat kebutuhan pasien, kalau di Palembang sudah 24 jam,” jelasnya.
Dia berharap, dengan adanya klinik, PT KAI bisa membantu masyarakat di wilayah Muara Enim dan sekitarnya untuk menjaga kesehatan, jika ada yang sakit bisa terbantu mengobatinya.
Menurutnya, kegiatan bakti sosial yang digelarnya, sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat di lingkungan operasional PT KAI Divre III Palembang.
Pelayanan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis menggunakan rail clinic di stasiun Muara Enim, merupakan yang ke empat untuk tahun 2019. Sebelumnya telah dilaksanakan di stasiun Gelumbang, Lubuk Linggau dan Tanjung Eni Baru, beberapa tahun sebelumnya juga telah dilakukan kegiatan serupa.
Dijelaskannya, rail clinic merupakan rangkaian yang terdiri dari dua kereta retrofit atau kereta rel diesel (KRD) yang telah dimodifikasi seperti poliklinik berjalan, masing-masing memiliki tata ruang dan jenis pelayanan kesehatan  yang berbeda.
Secara umum, lanjutnya,  fasilitas pelayanan kesehatan yang akan diberikan di dalam rail clinic  adalah jenis  pelayanan kesehatan primer atau pelayanan tingkat pertama. Warga bisa melakukan pemeriksaan kesehatan secara gratis di rail clinik tersebut. (MAN)