Doan Thi Huong dibawa polisi Malaysia, foto : BBC

KUALA LUMPUR,PALPOS.ID  – Setelah menghabiskan lebih dari dua tahun di penjara, Pengadilan Malaysia membebaskan Doan Thi Huong, warga Vietnam tersangka kasus pembunuhan Kim Jong-nam, kakak tiri Pemimpin Tertinggi Korea Utara, Kim Jong-un, pada Jumat (3/5).

Huong bebas dari penjara di luar ibu kota Malaysia sekitar pukul 07.20 pagi waktu setempat.

Sebelumnya, Huong didakwa bersama seorang perempuan asal Indonesia, Siti Aisyah, karena dituduh meracuni Kim Jong-nam. Kedua perempuan tersebut, meracuni Kim Jong-nam dengan cara mengoleskan wajahnya dengan cairan VX, yang merupakan senjata kimia terlarang, di bandara Kuala Lumpur pada Februari 2017.

Dilansir Aljazirah, Jumat (3/5), setelah persidangan yang panjang, Huong mengaku bersalah atas tuduhan yang lebih ringan yakni menyebabkan Kim Jong-nam cedera.

Dia menjadi satu-satunya orang yang dihukum karena kasus pembunuhan yang menjadi berita utama di dunia. Jaksa penuntut Malaysia kemudian mencabut tuduhan pembunuhan tersebut.

Pengacara Huong, Hisyam Teh Poh Teik mengatakan, kliennya akan kembali ke Vietnam pada Jumat malam ini. Huong yang merupakan mantan pekerja salon itu akan menuju ke kantor imigrasi di Putrajaya untuk mengisi sejumlah dokumen sebelum terbang ke Vietnam.

“Kini, Doan sudah dibawa ke tahanan imigrasi. Dia akan diamankan di sana sambil menunggu penerbangan menuju Hanoi. Kami akan menggelar jumpa pers singkat sebelum bertolak ke kampung halamannya. Jika dia tidak dapat berbicara dengan media, saya akan membacakan pernyataan darinya (Doan),” kata Hisyam.

Pembebasan Doan berlangsung dua bulan setelah terdakwa lainnya asal Indonesia, Siti Aisyah, lebih dulu dibebaskan hakim Malaysia pada Maret lalu. (fan/der/rts/fin)