Kas Hartadi : Lini Belakang Sudah Mantap

Bruno Casmir dan Ambrizal, palang pintu SFC di lini belakang. Foto: DOK SFC/palpos.id

JAKARTA, PALPOS.ID- Selama tur Jawa Tengah, Pelatih Sriwijaya FC Kas Hartadi melakukan beberapa eksperimen. Salah satunya mencoba-coba komposisi lini belakang. Lebih detailnya lagi posisi bek kanan. “Saya memang masih mencari komposisi yang pas di posisi bek kanan. Antara Ambrizal atau Akbar Zakaria. Itu kenapa selama ini coba kami gonta-ganti terutama di posisi itu,” ucap Pelatih Sriwijaya FC, Kas Hartadi.

Ketika melawan Persebi Boyolali, posisi bek kanan diisi Ambrizal. Sebagai gantinya, slot yang ditinggalkan Ambrizal di bek tengah, diberikan kepada Rachmat Juliandri yang berduet dengan Bruno Casimir.

Eksperimen itu membuat lini belakang kurang kokoh. Terlepas kondisi lapangan yang kurang mendukung, komposisi ini menghadirkan skor 1-2 untuk kemenangan Persebi.
Kemudian saat melawan Persis Solo dan Perseru Badak Lampung FC, komposisi lini belakang diubah.

Duet Rachmat dan Bruno yang diapit Ambrizal dan Yericho Cristiantoko berubah setelah Rachmat didrop. Sebagai gantinya, Ambrizal digeser ke tengah berduet dengan Bruno. Sementara bek kiri tetap Yericho adapun bek kanan diberikan kepada Akbar Zakaria.

Komposisi ini bekerja lebih efektif di dua pertandingan terakhir. Pertahanan lebih kokoh dan seimbang. Pelatih Kas Hartadi pun mengaku lebih sreg dengan komposisi lini belakang di dua pertandingan uji coba terakhir. Sebagai ganti jika posisi Akbar perlu penyegaran, Ambrizal bisa digeser kemudian bek tengah diserahkan kepada Rachmat atau Hamdan Zamzami. “Saya sudah mantap dengan komposisi lini belakang ini. Ke depan tinggal meningkatkan koordinasi saja baik itu antar pemain dan antarlini,” tukasnya. (FAN/kmd/gsm)