SMAN Sumsel Laksanakan Ujian IGCSE 2019

Suasana Ujian Kurikulum IGCSE SMAN Sumsel, Selasa, (7/5). Foto: Umn/palpos.id

Kurikulum Cambrige

PALEMBANG, PALPOS.ID– Siswa dan siswi SMAN Sumsel kelas X dan XI mengikuti ujian internasional International General Certificate of Secondary Education (IGCSE) dan Cambridge International Advanced Subsidiary (AS) dan Advanced (A) Level pada 10 April hingga 7 Mei 2019.

Nanang Adi Prayitno, S.Pd, Plt. Kepala SMAN Sumsel mengatakan jika SMAN Sumsel memang telah menerapkan kurikulm Cambrige berdasarkan Kurikulum Nasional 2013 (K13). “SMAN Sumatera Selatan menggunakan kurikulum IGCSE guna memperkaya pengetahuan siswa mengenai kurikulum internasional. Juga sebagai persiapan untuk dapat masuk universitas di luar negeri. Oleh karena itu kami sangat konsisten dalam melaksanakannya,” ujarnya.

Dirinya juga menjelaskan SMAN Sumsel sebagai center pelaksanaan IGCSE di Sumatera Selatan, pihaknya memfasilitasi pelaksaan ujian internasional IGCSE bagi sekolah yang juga menggunakan kurikulum internasional Cambridge di Sumatera Selatan. “Tahun ini terdapat 207 siswa yang masing-masing berasal dari SMAN Sumatera Selatan, SMAN 1 Palembang dan SMA Plus Negeri 17 Palembang yang akan mengikuti ujian internasional IGCSE. Seterusnya, ada 4 Mata Pelajaran yang diikuti oleh peserta ujian diantaranya adalah: English as a Second Language (ESL) 0511, Mathematics 0580, Physics 0625, dan Biology 0610,” tambahnya.

Sementara itu, Atira Elpariska Maya, S.Pd., salah satu guru di SMAN 1 Palembang yang mengajar mata pelajaran internasional IGCSE Biologi., berharap dengan mengikuti kurikulum ini siswa-siswinya dapat memperluas wawasan. “Juga mempersiapkan diri untuk ujian internasional di level selanjutnya yakni Cambridge International Advanced Subsidiary (AS) dan Advanced (A) Level. Sehingga, siswa-siswi dapat memiliki kompetensi untuk bersaing secara global,” katanya.

Untuk menyiapkan ujian internasional ini, para peserta ujian telah mengikuti pembelajaran intensif selama kurang/lebih 3 bulan. Selain itu, sekolah juga mengadakan mock examination (ujian bayangan) untuk peserta yang mengikuti ujian. “Mock Examination tersebut diadakan pada 13 April 2019 untuk mata pelajaran English as a Second Language (ESL) 0511 dan Mathematics 0580. Pelaksanaan mock examination merupakan salah satu proses pengayaan bagi siswa agar para siswa mendapatkan gambaran nyata tentang pelaksanaan ujian IGCSE,” sambung Devi Mardhiyanti, M.Pd, Waka Kurikulum SMAN Sumatera Selatan.

Teknis pelaksanaan ujian IGCSE di SMAN Sumatera Selatan dipegang oleh International Curriculum Coordinator dan Examination Officer yang bertanggung jawab mengontrol pelaksanaan ujian IGCSE. “Alhamdulillah, ujian internasional IGCSE. Meskipun persiapan administrasi dan ruangan ujian lebih banyak dikarenakan oleh bertambahnya peserta ujian, namun ujian tetap berjalan dengan lancar, tidak ada masalah dan tetap mengikuti aturan yang sudah dibuat oleh Cambridge dengan baik,” ujar Adi Pribadi, S.Pd., selaku Examination Officer SMAN Sumatera Selatan.(UMN)