Porprov 2019, Banyuasin Tetap Optimis Tiga Besar

Ketua KONI Banyuasin, Hazairin H Zabidi. Foto: Istimewa/palpos.id

BANYUASIN, PALPOS.ID- Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Banyuasin memasang target bertahan di tiga besar di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) di Prabumulih tahun ini. Meski banyak atlet yang pindah ke kabupaten lain, Banyuasin tetap optimis.

Itu ditegaskan Ketua KONI Banyuasin, Hazairin H Zabidi kepada Palembang Pos, kemarin. Terang dia, sejumlah atlet asal Banyuasin banyak eksodus ke kabupaten dan kota dan tidak membela Banyuasin di ajang tingkat Sumsel itu. “Ya,  mungkin karena kecilnya bonus Porprov sebelumnya sehingga mereka pindah ke kabupaten lain. Tahun itu bonusnya hanya Rp 2,5 Juta. Mungkin mereka kecewa karena itu,” terang Hazairin, kemarin.

Pria yang karib disapa Ajak ini menyebutkan, ada sejumlah cabang olahraga (cabor) yang tidak bisa memperkuat Banyuasin karena sudah pindah ke daerah lain. Seperti catur, atletik, hingga pencak silat. “Yang jelas kami kecewa karena mereka malah memperkuat kabupaten  dan kota lain. Catur, ada empat atlet yang pindah memperkuat PALI, pencak silat ada nama Nabila Safira, dan atletik atas nama Marwan juga pindah ke PALI,” bebernya.

KONI Banyuasin  pun selama ini perduli dengan atlet-atlet Banyuasin, sehingga perpindahan itu membuat pihaknya sangat menyanyangkan. “Selama ini kita bina, kita berangkatkan Umroh, dan berhasil, malah pindah ke lain,” sesalnya.

Cabor-cabor itu sebelumnya , sambung Kak Ajak, cukup signifikan menyumbangkan medali. Hanya saja, meski atlet tersebut sudah pindah, namun KONI Banyuasin tetap optimis bertahan di tiga besar perolehan medali nantinya. “Pundi medali nanti kami tetap optimis, karena banyak atlet kita lainnya yang berpotensi mendapatkan medali emas nantinya. Seperti Maryati, yang saat ini mengikuti Pelatnas Sea Games dayung, kami berharap bisa mendapatkan emas,” terangnya.

Contoh lainnya adalah karate junior milik Banyuasin bahkan pernah menjadi juara dunia se Asia Pasifik yang diselenggarakan di Jakarta tahun 2018 lalu

Banyuasin juga punya Rikki yang pernah menjuarai kejuaraan nasional atletik  di Jakarta tahun  lalu. Cabor atletik memang banyak mendapatkan medali pada Kejuaraan Porprov di Palembang, tahun lalu. “Soal  target medali Porprov nanti, adalah nanti medali, yang jelas kami akan berjuang,” timpal pelatih atletik Banyuasin, Kadir. (FAN)