Rekap Suara Dibawa ke KPUD Sumsel

kantor KPUD Empat Lawang. Foto : Pad/palpos.id

Belum Jelas Apakah Rekap Ulang atau Diteruskan

EMPAT LAWANG, PALPOS.ID– Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Empat Lawang tidak bisa menyelesaikan Pleno Rekapitulasi dan Penetapan Hasil Pmilihan Umum 2019, sesuai jadual yang ditetakan. Akibatnya, rekap suara akan dilakukan di KPU Prov Sumsel Jakabaring.

Hal tersebut dikarenakan, adanya aksi Massa yang tidak puas dengan hasil Rekapitulasi tingkat kecamatan, dan menuntut KPU membuka Kotak Suara, yang berujung dengan bentrokan. “Iya, penghitungan suara di alihkan ke KPU Sumsel, dan sekarang logistik sudah berangkat sejak tadi pagi kebetulan saya tidak hadir tadi,” kata Ketua KPUD Empat Lawang, Ali amin saat di Konfirmasi Via Telepon, Rabu (8/5).

Dikatakannya, dari sepuluh kecamatan hanya satu lagi kecamatan yang belum di hitung hasil Rekapitulasi tingkat Kabupaten. “Tinggal kecamatan Talang Padang yang belum di hitung. Sedangkan kecamatan lainnya sudah di hitung. Saya juga nanti akan menyusul ke Palembang, sebab tempat nya saja yang di alihkan, sedangkan yang melaksanakannya nanti masih KPUD Empat Lawanag,” tuturnya.

Disinggung soal hasil rekap yang telah dilakukan oleh KPU Empat Lawang, Ani mengaku masih akan menunggu arahan dari KPU Provinsi. “Kalau 9 Kecamatan yg lain iti sudah di tetapkan. Tapi, dak taulah kalau di Palembang agek cak mano, untuk itu kito masih menunggu arahan dari KPU Sumsel,” jelasnya.

Terpisah, Kapolres Empat Lawang, AKBP Eko Yudi Karyanto saat dihubungi mengatakan, pasca bentrok pihaknya tidak mengamankan Massa yang berdemo di KPU, karena semuanya masih bisa dikendalikan. “Gak ada yg diamankan, karena massa masih biso dikendalikan. Setelah dilaksakan tindak tegas berupa tembakan gas air mata,” tukasnya.(PAD).