Dominasi Inggris di Benua Eropa

Aubameyang melepaskan diri dari kepungan pemain Valencia. Foto: Getty images/uefa.com/palpos.id

 

JAKARTA, PALPOS.ID- Inggris mengutus empat timnya ke partai puncak antar klub di Eropa. Setelah Liverpool dan Tottenham Hotspur saling bertemu di final Liga Champions, kini giliran Arsenal dan Chelsea yang akan bersua di pentas Liga Eropa.

Arsenal dan Chelsea mengalahkan masing-masing lawannya di leg kedua semifinal Liga Eropa, Jumat (10/5) dinihari WIB. Empat tim asal Inggris itu menegaskan bahwa Tiga Singa mendominasi Benua Biru atau Benua Eropa.

Arsenal secara digdaya mengalahkan tim asal Spanyol, Valencia di Camp de Mestalla dengan skor telak 4-2. Secara sempurna, mereka melenggang ke babak final dengan agregat kemenangan 7-3.

Pun dilakukan The Blues. Hanya saja, tim asuhan Maurizo Sarri ini harus ke partai puncak dengan susah payah. Baik di leg pertama dan kedua, Chelsea yang berhadapan Eintracht Frankfurthanya bermain imbang 1-1  hingga agregat menjadi 2-2 .

Ruben Loftus Cheek berhasil membawa Chelsea unggul terlebih dahulu dibabak pertama sebelum akhirnya Luka Jovic berhasil menyamakan kedudukan hingga adu tendangan penalti harus dilakukan. Chelsea pun unggul dengan kemenagan 4-3.

Pelatih Arsenal, Unai Emery mengaku bangga dengan penampilan anak asuhnya di Liga Eropa meski timnya tak begitu berhasil di Liga Primier. The Gunners saat ini bercokol di peringkat lima besar. “Kami memiliki kepercayaan diri. Kami tahu itu akan sulit tetapi kami mengambil kemungkinan itu. Kami kuat dalam pikiran kami, dalam fokus kami. Kami dapat bangga dengan para pemain dan pendukung kami. Belum selesai “Ini satu langkah lagi. Kami bahagia,” ujar Emery dilansir uefa.com.

Hal senada disampaikan penjaga gawang Petr Cech kepada BT Sport “Anda harus berani, tetap tenang, dan mainkan permainan terbaik Anda (di final). Setiap putaran saya pergi dan berpikir ini bisa menjadi pertandingan terakhir. Saya senang mereka tidak (setelah) saya bisa bermain hoki es, bermain drum, dan melihat apa yang muncul.”.

Arsenal  menuju final Liga Eropa. Tim ini klinis dan berkelas pada dinihari tadi  dan  menang di tanah Spanyol untuk ketiga kalinya.

Kemenangan  dimulai dengan sangat baik bagi tuan rumah dengan gol Gameiro dan beberapa peluang lain, tetapi kemudian itu semua tentang Aubameyang, yang upaya briliannya menyamakan kedudukan.

Sebelum dia memanfaatkan Lacazette untuk membentur tiang gawang. Setelah jeda, Lacazette kemudian mencetak skor, hasil akhir yang bagus, sebelum detik yang berantakan dari Gameiro, tetapi Aubameyang mencetak dua gol lagi untuk memastikan kemenangan.

Di laga lain, kejutan diberikan Maurizio Sarri usai timnya mengalahkan Eintrcah Frankfurt secara dramatis lewat adu tendangan penalti. Babak ini diberikan karena kedua tim bermain imbang 1 – 1, juga di leg pertama.

Pelatih Chelsea Maurizio Sarri berujar jika timnya banyak bermain sejak beberapa bulan terakhir namun dengan suksesnya mampu menembus babak final. “Tidak mudah bagi tim Inggris untuk tiba di bulan-bulan terakhir dengan kondisi fisik yang sangat baik, karena di sini kami bermain lebih banyak daripada di negara lain. Kami memainkan pertandingan nomor 61 hari ini – di Italia Anda bisa bermain 50/52 pertandingan, tapi ini perbedaan besar – delapan, sepuluh pertandingan,” terang Sarri dilansir uefa.com.

Tambah dia. “Anda tahu betul bahwa di sini [di Inggris] levelnya sangat tinggi. Jika Anda berpikir untuk mencapai final Piala Liga, kami harus bermain melawan Liverpool, melawan Tottenham. Di final kami bermain melawan menurut pendapat saya tim terbaik di Eropa: Manchester City. Anda dapat memahami dengan sangat baik bahwa level di sini sangat tinggi. ” (FAN)