Mahkota Juara Milik The Citizens

Pep Guardiola bersama pemain Manchester City mengangkat trophy Liga Primier, Minggu malam. Foto: DOK MANCITY/palpos.id

BRIGHTON, PALPOS.ID- Manchester City  menjadi juara Liga Primier dua musim beruntun usai mengalahkn Brighton dengan skor 4-1 di Amex Stadium, Minggu (12/5) . Kemenangan ini sekaligus memupus harapan Liverpool yang dilaga lain  menang 2 – 0 atas Wolves.

Dalam laga penuh  di Amex Stadium, City langsung keluar menyerang untuk menuntaskan misi yang dimulai 10 bulan lalu. Bernardo coba membawa The Blues mengawali laga dengan sempurna, namun beberapa tekel membuatnya gagal melepas tembakan dari jarak dekat.

Tuan rumah bertahan dengan nyaris seluruh pemain mereka dan mengincar serangan balik. Situasi menjadi tegang setelah di laga lain Liverpool mecetak gol lebih dulu ke gawang Wolves melalui Sadio Mane.

Pada menit ke-27 situasi bertambah buruk ketika Glenn Murray mencetak gol lewat sundulan menyambut sepak pojok. Skor untuk tuan rumah sontak membuat pucat tim tamu yang tentunya butuh kemenangan.

Karena, seketika City jatuh ke peringkat dua di klasemen, dan tertinggal dua poin atas Liverpool yang sementara itu menang atas Wolves. Namun para punggawa City bertekad segera membalas.

Aymeric Laporte memainkan umpan mendatar kepada David Silva yang memantulkannya kepada Aguero. Tembakan mendatar Kun melewati sela kaki Matt Ryan untuk menyamakan skor. Gol penyeimbang itu hanya berlangsung 83 detik saja.

Seketika permainan City lebih hidup, pergerakan jadi lebih baik dan bola akhir menjadi lebih matang hingga memunculkan peluang yang bagus untuk anak asuh Pep Guardiola itu.

Brighton kembali terguncang di menit ke-38, City memimpin saat sepak pojok Mahrez disambut sempurna dengan sundulan akurat Laporte yang menembus gawang Ryan. Satu tangan The Blues praktis menyentuh trofi Premier League memasuki turun minum.

Kesabaran the Blues di babak kedua terbayar di menit ke-63, lewat momen brilian yang membuat City unggul 3-1. David Silva melihat pergerakan Mahrez, ia melepas umpan pendek ke pemain sayap Algeria  yang melepas tembakan ke pojok gawang.

Delapan menit berselang, laga pun praktis berakhir ketika Ilkay Gundogan melengkapinya dengan gol keempat City lewat sebuah tendangan bebas indah dari jarak 25 yars ke pojok kanan gawang-sekaligus membawa City unggul 4-1.

Pep Guardiola patut berterima kasih kepada Mahrez. Keputusan luar biasa untuk memainkan mantan pemain Leicester  dan playmaker Algeria itu membalas kepercayaan sang bos dengan penampilan hebat. Satu gol dan satu asis.

Manchster City berpeluang akan melengkapi musim tak terlupakan dengan memainkan final FA Cup kontra Watford di Wembley akhir pekan mendatang. Jika juara, maka double winner akan digenggam tim asal Manchester ini. (FAN/dbs)