Bhabinkamtibmas Ditembak Perampok

Aiptu Yashudi ketika di RS Muhammadiyah Palembang, kemarin. Foto: Zon/palpos.id

PALEMBANG, PALPOS.ID- Nyali anggota Bhabinkamtibmas Polsek Plaju, Aiptu Yashudi patut diapresiasi. Pasalnya, ia telah berhasil menggagalkan aksi dua perampok yang menyatroni kos-kosan Acoy 22 di kawasan Jalan Silaberanti, Lorong Siantan Jaya Ujung, Kecamatan SU I Palembang.

Meski sempat terjadi baku tembak hingga mengenai perut sebelah kiri Aiptu Yashudi, namun membuat kedua perampok tersebut lari kocar-kacir dan meninggalkan sepeda motornya di Tempat Kejadian Perkara (TKP), kemarin, sekitar pukul 05.30 WIB.

Informasi dihimpun, saat itu Aiptu Yashudi baru saja pulang menunaikan salah subuh di masjid yang tak jauh dari rumahnya. Pada saat bersamaan, dia memergoki dua pemuda yang sedang menyatroni kos-kosan yang hanya berjarak tiga rumah dari kediamannya. Lalu Yashudi masuk ke dalam rumah dan mengambil senjata milknya, kemudian menanyakan maksud kedua pemuda tersebut. “Kalian mau apa,” kata Yashudi. “Kami mau merampok, mau apa kamu,” kata kedua perampok.

Kemudian, Aiptu Yashudi langsung melepaskan tembakan peringatan ke udara. Bukannya kabur, salah satu pelaku justru membalas menambak Yashudi, tapi meleset dan mengenai kamrea CCTV yang ada di kos-kosan tersebut. Sialnya, ketika perampok melepaskan tembakan yang kedua, mengenai perut Yashudi dan membuatnya tekapar. Sementara kedua perampok tersebut lari meninggalkan lokasi TKP.

Tidak lama kemudian, warga keluar dan membatu Aiptu Yashudi dengan membawanya ke RS Muhammadiyah Palembang. Setelah mendapat pertolongan pertama, Yashudi di rujuk ke RS Muhamad Hosein Palembang, untuk menjalani operasi mengeluarkan proyektil yang bersarang diperut sebelah kirinya tersebut.

Ali Sadikin, keluarga korban yang ditemuai di RS Muhammadiyah Palembang mengatakan, kakak iparnya tersebut mengalami luka tembak karena berupaya menggagalkan aksi perampokan di lingkungan tempat tinggalnya sendiri. “Subuh tadi, kakak ipar saya ini pulang dari masjid, dan melihat dua orang dengan gerak-gerik yang mencurigakan. Ketika ditanya, kata mereka mau merampok, lalu terjadi lah baku tembak hingga mengenai perut sebelah kiri kakak saya,” jelasnya.

Di lokasi kejadian, Sinah, salah satu warga setempat mengatakan, saat kejadian dia berada di dalam rumah, lalu tiba-tiba terdengar suara tembakan sebanyak tiga kali. “Suara tembakannya tiga kali, begitu saya keluar warga sudah ramai dan ada orang tekapar kena tembak. Ternyata Pak Yashudi, katanya beliau menggagalkan aksi maling, dan saling tembak sama penjahat,” jelasnya.

Terkait peristiwa ini, Kapolresta Palembang, Kombes Pol Didi Hayamansyah, membenarkan adanya anggota Bhabinkamtibmas Polsek Plaju, Aiptu Yashudi yang mengalami luka tembak saat berusaha menggagalkan aksi perampokan di wilayah tempat tinggalnya. “Ya benar, ada anggota kita Bhabinkamtibmas Polsek Plaju, Aiptu Yashudi yang mengalami luka tembak. Kejadiannya subuh tadi (kemarin), Aiptu Yashudi memergoki dua perampok yang akan beraksi di kos-kosan dekat rumahnya. Sehingga terjadi baku tembak, sampai akhirnya anggota kita terkena dibagian perut sebelah kirinya,” jelas Didi Hayamansyah, ketika diwawancarai palpos.id.

Saat ini, Aiptu Yashudi telah menjalani operasi dan peluru yang bersarang diperutnya sudah berhasil dikeluarkan. “Beliau sedang menjalani proses pemulihan di RS Muhamad Hosein Palembang, kita doakan semoga Aiptu Yashudi cepat sembuh dan diberikan kesehatan,” katanya.

Terkait kedua pelaku sendiri, Kapolresta Palembang menegaskan, hingga kini anggota Satreskrim Polresta dan anggota Reskrim Polsek jajaran, masih mengejar kedua pelaku. “Kedua pelaku masih dalam pengejaran, dan mudah-mudahan bisa cepat tertangkap,” pungkasnya. (ZON)