Warga Pergoki Prada DP Hendak Kabur dari Dodiklatpur

Ketua RT Kemelak, Media menunjukan tempat bertemu Prada DP, kemarin. Foto: Eco/palpos.id

BATURAJA, PALPOS.ID– Warga RT 01 RW 02 Kelurahan Kemelak Bindung Langit Kecamatan Baturaja Timur Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) mengaku sempat memergoki Prada DP, yang diduga terkait pembunuhan sadis dengan cara mutilasi terhadap Vera Oktaria (21).

Warga melihat Prada DP saat hendak kabur meninggalkan tempat pendidikanya di Dodiklatpur Baturaja.  Prada DP  sempat meminta bantuan warga di sekitaran Dodiklatpur untuk diantar ke arah pasar.

Namun,  Prada DP saat itu tak mengaku sebagai tentara. Melainkan mengaku sebagai kuli bangunan.  Saat meminta bantuan kepada warga RT 01 RW 02 Kelurahan Kemelak Bindung Langit yang kebetulan ada hajatan, Prada DP tak mengenakan seragam tentara. Prada DP hanya membawa bungkusan kantong kresek yang teryata seragam tentara lengkap miliknya.

Media Kurniawan, Ketua RT 01 Kelurahan Kemelak Bindung Langit saat dijumpai, kemarin, menjelaskan, saat itu dia tengah menghadiri hajatan di salah satu rumah warga tak jauh dari asrama Dodiklatpur. Sekitar pukul 21.30 WIB, tiba-tiba datanglah pria yang belakangan diketahui Prada DP.

Saat itu, DP meminta diantar ke pasar dengan alasan ingin pulang ke rumah lantaran ibunya meninggal dunia.  Warga yang curiga pada saat itu tak langsung percaya.  Lalu,  melalui ketua RT warga mengintrogasi DP dan saat diintrogasi Prada DP mengaku sebagai kuli bangunan hendak pulang ke Martapura.

Namun,  lantaran curiga warga meminta kantong kresek untuk dibuka, Prada DP menolak. Betapa terkejutnya warga yang meminta paksa melihat di dalam kantong kresek itu terdapat pakaian PDL tentara komplit beserta sepatu. “Lalu dia mengaku jika dirinya tentara dalam masa pendidikan sebagai siswa di Dodiklatpur.  Namun mengaku ingin berhenti lantaran tidak betah jadi tentara dan baru mengaku orang Palembang,” kata Media.

Selanjutnya saat hendak diantar ke markas Dodiklatpur oleh warga, DP menolak dan kabur meninggalkan warga.

Setelah itu, warga melapor ke pos piket Dodiklatpur dan langsung melakukan pencarian bersama anggota TNI di sekitaran kawasan itu hingga pukul 04.00 WIB. Namun,  tak membuahkan hasil. “Kami warga serta seluruh pelatih mencari  anak itu dari pukul 21.30  WIB sampai pukul 04.00 WIB, tapi tak ketemu. Barulah setelah itu mendapat berita jika DP diduga terlibat kasus pembunuhan,” tandasnya.

Untuk diketahui, Prada DP  diduga punya hubungan dengan kasus mutilasi Vera Oktaria di Sungai Lilin, Musi Banyuasin. Dia sedang diburu oleh jajaran Sub Denpom II/4-4 Baturaja bersama Polda Sumsel. “Prada DP merupakan siswa Dikjur Tamtama Infanteri Ridam II/SWJ yang desersi dari Dodik Latpur Baturaja,’’ kata Komandan Subdenpom II/4-4 Baturaja, Kapten CPM Gatot Udiyono, Minggu (12/05).

Menurutnya, DP lari dari Dodiklatpur (Komando Pendidikan dan Latihan Tempur) sejak 4 Mei 2019. Upaya-upaya yang sudah dilakuan dengan menyebar foto dan informasi ke instansi terkait dan ke seluruh lapisan masyarkat di wilayah Kabupaten OKU dan sekitarnya.

Di kesempatan itu, Kapten CPM Gatot menjelaskan, oknum siswa Dikjur Tamtama Infanteri Ridam II/SWJ atas nama DP diburu karena pergi atau meninggalkan Komando Pendidikan dan Latihan Tempur (Dandodik Latpur) Rindam II/Swj di Baturaja tanpa izin.

DP meninggalkan komando pendidikan dan latihan tempur sejak delapan hari lalu. Dansub Denpom membenarkan bahwa DP memang tercatat sebagai siswa Dikjur Tamtama Infanteri Rindam II/Swj yang sedang mengikuti latihan kecabangan/kejuruan di Dodilatpur Rindam II/Swj di Baturaja.

Terpisah, Kapolda Sumsel Irjen Pol Zulkarnain Adinegara mengaku sudah mengintruksikan untuk membentuk tim gabungan  yang terdiri atas Satreskrim Polres Muba dan Ditreskrimum Polda Sumsel dalam memburu Prada DP.

Kabid Humas Polda Sumsel Kombes Pol Supriadi,  menuturkan memang untuk saat ini kasus pembunuhan disertai mutilasi terhadap Vera Oktaria masih dalam penyelidikan mengungkap pelakunya.  Menurut Supriadi, Polda Sumsel juga sudah berkoordinasi dengan Kodam II Sriwijaya untuk membantu memburu pacar Vera Oktaria berinisial DP tersebut. (ECO)