Waspada Juventus, Musim Depan Lebih Keras

Juventus dan Cristiano Ronaldo akan menemui musuh lebih berat di Serie A musim depan. Foto: UEROSPORTS/palpos.id

TURIN, PALPOS.ID- Pelatih Juventus Max Allegri memprediksi Serie A musim depan bakal semakin ketat. Ini tak lepas dari upaya tim-tim pesaing Juventus yang terus membangun kekuatan untuk menyaingi si Nyonya Tua yang selama delapan musim ini menguasai Serie A.

“Kami akan mengevaluasi performa musim ini dan yang akan datang, karena setelah delapan tahun, lima tahun di bawah kepelatihan saya, musim ke depannya, akan bertambah sulit,” kata Allegri di Football Italia usai kekalahan laga ke-36 Juventus atas Roma di Olimpico, Senin (13/5) dini hari WIB. Di laga itu, Juventus kalah dengan skor 0-2.

Musim depan akan menjadi pertaruhan Allegri untuk bertahan di kerasnya kompetisi domestik. Belum lagi, mereka juga akan berlaga di Liga Champions dan ingin menjadi klub terbaik di Eropa.

“Saya sudah tahu persis apa yang perlu kami persiapkan mulai Oktober depan. Kami tidak akan hanya memainkan 12 pemain, kami harus mempersiapkan tim yang serbabisa, menyiapkan banyak opsi dan membangun motivasi pemain, ungkap pria 51 tahun itu, tambahnya.

Semenjak dinobatkan sebagai juara Serie A beberapa waktu lalu, performa Juve semakin hari semakin tidak karuan. Dari lima laga terakhirnya, Bianconeri hanya mampu mengamankan satu kemenangan, dua seri dan dua kekalahan.

Melawan Roma, adalah kekalahan terburuk meski Allegri memainkan sebagian besar skuad intinya. Ini menunjukkan betapa rapuhnya tim yang sudah 35 kali meraih Scudetto itu, di penghujung musim ini.

Meski punya tujuh peluang yang empat di antaranya adalah shot on target, Cristiano Ronaldo, Dybala dan kawan-kawan, tidak mampu satu kali pun, menjebol gawang Roma yang dikawal Antonio Mirante.

“Sebenarnya kami main cukup baik, namun gagal memanfaatkan tiga-empat peluang manis kami di babak pertama. Padahal kami mendominasi babak (pertama) itu, sesal eks pelatih AC Milan itu.

Sebelumnya, sempat beredar kabar jika musim 2018-2019 ini, akan menjadi musim terakhir Allegri bersama si Nyonya Tua. Beberapa nama seperti Mauricio Pochettino dari Tottenham Hotspur, dan eks pelatih Chelsea Antonio Conte, dikait-kaitkan sebagai suksesor pria Italia tersebut.

Juventus memang wajib waspada dan bergerak cepat jika tidak ingin tergerus di kompetisi lokal. Klub-klub Serie A yang menjadi musuh selama ini tetap menjadi ancaman. Sebut saja, Napoli, Inter Milan, AC Milan, bahkan Atalanta.

Serie A sendiri mengutus Juventus, Napoli, Inter Milan dan Atalantas untuk berlaga di Liga Champions musim depan. Sementara, AC Milan dan AS Roma diberi jatah untuk berpentas di Liga Eropa.

Tiga tim di klasemen dasar dipastikan terjerumus ke Serie B. Ketiganya adalah Empoli, Frosione, dan Chievo. Untuk top skor sendiri, pemain Sampdoria Fabio Quagliarella mengoleksi 26 gol. (ruf/fin/wsa)