Gerindra Segera Godok Calon Pimpinan Dewan

Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra, Edhy Prabowo, saat memberikan penjelasan terkait penentuan posisi pimpinan dewan. Foto: Opa/palpos.id

PALEMBANG, PALPOS.ID– Partai Gerindra menjadi salah satu partai dengan jumlah kursi pimpinan dewan yang cukup banyak. Oleh sebab itu, partai bentukan Prabowo Subianto ini punya cara sendiri untuk memformulasikan siapa-siapa saja dari kader mereka yang akan duduk di kursi pimpinan pada tiap tingkatan parlemen.

Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra, Edhy Prabowo mengatakan, dalam waktu dekat Partai Gerindra akan menggodok siapa saja yang pantas mewakili partai untuk duduk di kursi pimpinan dewan.

Dalam menentukannya, tentu akan dilihat dari berbagai sisi. “Dari sisi aturan, penentuan pimpinan DPRD itu berdasarkan hirarki tingkatan masing-masing. Kalau untuk DPRD Provinsi itu struktur dari DPD, kalau untuk kabupaten/kota berarti struktur dari DPC kabupaten/kota,” kata Edhy belum lama ini.

Menurut Edhy, bahwa nanti akan ada kebijakan-kebijakan, itu nanti yang menentukan bukan otomatis melalui mekanisme tersebut. Namun ada lagi aturan-aturan lainnya.

“Ada lagi tentang latarbelakangnya, prestasinya, suaranya dan ada banyak hal lagi. Tentunya timnya tidak sendiri, pada periode sebelumnya ada tim 7, untuk periode ini mungkin kurang lebih sama, tapi siapapun orangnya tergantung ketua umum yang menentukan,” ungkap Ketua Fraksi Gerindra di MPR RI 2014-2019 itu.

Terlepas dari penetapan tersebut, tak lupa Edhy mengucapkan banyak terima kasih kepada masyarakat Sumsel atas kepercayaannya kembali menuju ke senayan untuk periode yang ketiga kalinya.

“Ya setelah terpilih lagi walaupun belum di lantik, kita akan meningkatkan komunikasi dengan masyarakat di Sumsel. Karena ini adalah cermin dari apa yang selama ini kami perbuat. Kami mohon masukan dari temen-temen media, masyarakat yang selama ini memberikan kritik kepada kami. Ajari kami bagaimana kami bisa mengabdi kepada masyarakat Sumsel. tentu kami akan memperjuangkan semua sektor, seperti pertanian, pendidikan, kesehatan dan infrastruktur yang lebih berpihak kepada rakyat,” tegasnya.

Sementara, Ketua DPD Partai Gerindra Sumsel, Aswari Rifai menuturkan, belum mengatahui proses-proses siapa nanti yang akan duduk di kursi pimpinan di parlemen. Walaupun dirinya sendiri terpilih di DPRD Sumsel.

“Itu DPP yang menentukan dan semua berpeluang. Siapapun tidak dibatasi, tapi kalau saya terserah DPP saja. Sistemnya belum tahu, saya tidak pernah mengikutinya. Cici (Kartika Sandra Desi) yang pernah mengikuti. Ya kalau saya, tergantung DPP,” tandasnya. (OPA/Ril)