Penegasan Sang Mega Bintang

Cristiano Ronaldo memimpin pemain Portugal menyabet gelar juara usai mengalahkan Belanda. Foto: Gettyimages/uefa.com/palpos.id

PORTO, PALPOS.ID- Portugal meraih tahta UEFA Nations League usai mengalahkan Belanda di partai final, Senin (10/6) dinihari WIB. Dihadapan publik sendiri, Cristiano Ronaldo dan kolega menang dengan skor tipis, 1-0.

Gelar juara ini tak hanya untuk Portugal. Melainkan juga untuk sang bintang, Cristiano Ronaldo. Penyerang bernomor punggung 7 ini sukses membawa Portugal mengawinkan gelar Piala Eropa tiga tahun lalu bersama UEFA Nations League.

Meski tak mencetak gol di Stadion Dragao. Namun, pesaing Lionel Messi ini mampu membawa tim ini ke partai puncak dengan hattricknya atas Swiss saat Portugal menang dengan skor telak 3-1.

Sepasang gelar dari Ronaldo ini seakan menjadi penegasan bagi Lionel Messi di timnas Argentina. Pemain Barcelona  hingga detik ini belum mampu memberikan gelar untuk negaranya sendiri.

Jika medali emas Olimpiade 2008 lalu tidak dihitung.  Lionel Messi hanya membantu timnas Argentina finis sebagai runner-up Piala Dunia dan Copa America. Sementara, Argentina kalah di final Piala Dunia 2014 serta Copa America edisi 2007, 2015, dan 2016. Skor 2-0 untuk Cristiano Ronaldo.

Dalam laga itu Portugal maupun Belanda sebetulnya tidak melakukan perubahan berarti dibanding yang mereka tampilkan ketika semifinal.

Selain mengandalkan bek José Fonte sebagai pengganti Pepe yang absen akibat cedera, serta kembali memasang gelandang Danilo yang baru pulih, Portugal sekadar merotasi João Félix dengan Guedes.

Di sisi lain, pelatih Belanda, Ronald Koeman, bahkan mengandalkan starting line-up yang sama persis dengan yang dia pakai ketika Der Oranje membungkam Inggris 3-1. Koeman juga menginstruksikan anak asuhnya untuk memulai laga dengan pendekatan andalannya. Berpijak pada skema 4-3-3, de Jong yang tampil memukau saat melawan Inggris jadi pengendali tempo pertandingan.

Tim tuan rumah lebih banyak melakukan ancaman dibandingkan Belanda. Pada babak pertama ada sebanyak 12 percobaan. Ada sebanyak 5 tembakan yang melenceng, empat tembakan lainnya mencapai sasaran, sementara tiga sisanya gagal mencapai gawang Belanda karena diblok.

Percobaan pertama yang sampai ke tangan Jasper Cillessen dilepaskan oleh Bruno Fernandes pada menit ke-12. Jose Fonte menyusul kemudian dengan sundulan pada menit ke-28. Usaha Fernandes dua menit berselang juga belum juga membuahkan gol. Percobaan jarak jauh Cristiano Ronaldo pada menit ke-41 juga belum membuahkan hasil.

Usaha Portugal untuk menjebol gawang Belanda baru membuahkan hasil pada menit ke-60. Goncalo Guedes yang mencatakan namanya di papan skor dan menjadikan gol ini satu-satunya tercipta hingga akhir pertandinga,

Prosesnya, Bernardo Silva melakukan umpan tarik dari sisi kanan kotak penalti Belanda, Guedes bisa melepaskan tendangan dari tepi muka kotak penalti yang gagal dihalau oleh Cillessen. Portugal pun berhak menyandang gelar juara. (FAN)