Sanksi Menunggu PNS tidak Disiplin

Bupati Banyuasin H Askolani menyalami ASN yang bertugas di lingkungan Pemkab Banyuasin usai apel gabungan. Foto: Istimewa/palpos.id

BANYUASIN, PALPOS.ID- Usai libur dan cuti bersama Lebaran, Pemkab Banyuasin menggelar apel gabungan sekaligus halal bihalal. Dalam kegiatan ini, Aparatur Sipil Negara (ASN) diminta untuk lebih disiplin.

Betapa tidak, usai libur panjang, sering kali pelayan masyarakat itu menambah jatah libur. Tak ingin  menjadi kebiasaan, Bupati Banyuasin, H Askolani SH MH dengan tegas akan memberikan sanksi kepada PNS yang tidak disiplin. Baik yang datang terlambat di hari pertama masuk kerja usai Lebaran, maupun yang sama sekali tidak masuk kerja.

“ASN harus meningkatkan kedisiplinan dan kinerja. Termasuk hari ini yang tidak masuk kerja, pasti akan kita berikan sanksi, sesuai dengan peraturan yang ada. Jadi mereka yang tidak masuk (kerja) hari ini, kita pastikan akan diberikan sanksi. Terutama sanksi administrasi bagi mereka yang tidak ada keterangan dan pemberitahuan. Yang telat pun tetap akan kita berikan sanksi,” tegas Bupati, dibincangi usai apel gabungan, Senin (10/6).

Bupati menambahkan, sanksi hukuman disiplin karena melakukan pelanggaran terhadap kewajiban Pasal 3 angka 17 Peraturan Pemerintah Nomor 53 tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil.

Dia berharap kepada ASN dan tenaga honorer  untuk senantiasa bahu membahu, bersatu padu, bekerja sama serta memberikan dan meningkatkan pengabdian kita demi kemajuan Kabupaten Banyuasin yang sama-sama dicintai.

“Teruslah dan tak pernah berhenti untuk memberikan kontribusi terbaik bagi daerah ini. Sehingga seberat apapun tugas, tanggung jawab dan tantangan pembangunan yang dilaksanakan. Insyaallah semua dapat kita jalani dan tuntaskan dengan sebaik-baiknya, berdaya dan berhasil guna bagi percepatan peningkatan kesejahteraan dan kemakmuran seluruh lapisan masyarakat di negeri junjungan ini, sehingga ke depan daerah ini Bangkit, Adil dan Sejahtera,” ungkapnya.

Sejalan dengan tahun pertama kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Banyuasin, Askolani juga mengajak seluruh ASN untuk menjadikan apel gabungan dan halal bihalal ini sebagai momentum untuk menggugah dan membangun kesadaran baru untuk kembali pada harkat kemanusian sebagai makhluk yang fitrah sesuai dengan makna hakiki Idul Fitri.

“Dengan semangat kemenangan dan hati yang fitrah tersebut, mari bersama-sama kita jadikan kegiatan halal bihalal ini sebagai titik awal untuk berbenah diri, menyiapkan konsep, bekerja ikhlas, berkarya nyata dan berpartisipasi aktif dalam mempercepat tercapainya visi dan misi Kabupaten Banyuasin  periode 2019-2024 dan ingin kita realisasikan bersama yaitu mewujudkan Kabupaten Banyuasin Bangkit, Adil dan Sejahtera,” pungkas dia. (MAL)