Banyak Urus Akta Kelahiran

Masyarakat mengurus dokumen kependudukan di kantor capil, foto Koer/palpos.id

PALEMBANG, PALPOS.ID – Pasca lebaran, pelayanan kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) ramai didatangi warga, Senin (10/6). Bahkan warga sampai antre  untuk mendapatkan pelayanan di Disdukcapil seperti mengurus pembuatan akta kelahiran, perekaman e-KTP dan lain sebagainya.

“Memang setelah cuti bersama layanan di Kantor Disdukcapil memang ramai. Banyak warga yang mengurus berbagai keperluannya seperti yang meningkat yakni pelayanan pembuatan akta kelahiran anak,” beber dia.

Pembuatan akta kelahiran sendiri, lanjut dia, banyak karena untuk mendaftarkan anak sekolah. Namun, kata dia untuk pembuatan akta kelahiran tidak bisa cepat selesai karena sesuai prosedur butuh waktu hingga 10 hari.

“Banyak syarat yang harus dilengkapi dan data diisi dulu,” kata dia.

Untuk itu, lanjut dia, Dukcapil menyiagakan para pegawai untuk tetap stand by dan semangat dihari pertama kerja. “Kita tetap buka seperti biasa dari pagi sampai sore. Kita berusaha untuk melayani dengan sebaik mungkin,” ungkapnya.

Terkait, pembuatan KIA (Kartu Indonesia Anak) yang sempat ditutup sementara ia mengatakan dalam waktu dekat akan dibuka kembali. “Ya, kita tutup karena permintaanya membludak alias over kapasitas,” jelas dia.

Edwin menjelaskan diperkirakan pembuatan KIA ini 100 ribu namun kenyataanya tembus mencapai 300 ribu. “Sekarang sudah hampir selesai 70 persen dan seminggu lagi kita akan buka lagi,” bebernya. (sef)